binomedia.id – Jakarta. ADGI Design Week 2024 resmi dibuka hari ini (11/12) di Urban Forest Cipete. Jakarta, menandai dimulainya perayaan lima hari kreativitas dan inovasi dalam desain grafs Indonesia. Dengan tema “Katalis”, acara ini mengangkat peran desain grafis sebagai pemicu perubahan yang mendorong inovasi, memperkuat koneksi sosial, dan memajukan berbaga Industri,
Program unggulan ADGI Design Week 2024 mencakup pameran-pameran inspiratif seperti GRAFIS 24, Museum Desain Grafis Indonesia, Peeling D&AD, dan COMPASS® x ADGI, yang masing-masing menawarkan perspektif unik tentang kekuatan dan dampak desain grafts.
Pameran utama GRAFIS 24 menampilkan karya dari 66 studio desain grafis terbaik di Indonesia, menunjukkan bagaimana desain grafis menjadi lokomotif ekonomi kreatif. Kurator GRAFIS24, Diaz Hensuk, menjelaskan pentingnya pameran ini, “ORAFIC24 lebih dari sekadar pameran, in adalah narasi tentang bagaimana desain grafis Indonesia berkembang menjadi bagian integral dari kemajuan budaya dan industri. Setiap karya mencerminkan kreativitas dan ketangguhan para desainer kita, dan kami berharap ini dapat menginspirasi generasi berikutnya untuk terus melampaui batasan.”
Melengkapi ADGI Design Week 2024, Museum Desain Grafis Indonesia mengangkat sejarah dan evolusi desain grafis di tanah air dengan menampilkan arsip desain grafis dari masa ke masa. “Pameran ini menjadi jembatan antara masa lalu dan masa kini, dan mengajak bagaimana kita bertindak untuk masa depan. Koleksi-koleksi yang terkumpulkan menunjukkan bagaimana benih yang ditanam oleh para pionir desain grafis telah tumbuh menjadi industri yang berkembang seperti sekarang, Ini adalah penghormatan atas visi mereka dan pengingat akan peluang besar di masa depan,” jelas Ismiaji Cahyono, Kepala Kelompok Kerja DGI (Desain Grafis Indonesia), yang juga merupakan kurator pameran ini.
Pameran Peeling D&AD yang bekerjasama dengan organisasi desain internasional D&AD, membawa perspektif global ke ADGI Design Week dengan menampilkan karya-karya pemenang penghargaan D&AD 2024 dari komunitas kreatif terkemuka dunia, termasuk karya desainer grafis Jordan Marzuki yang memenangkan penghargaan kategori Book Design. “D&AD adalah tentang perayaan keunggulan dalam desain dan kreativitas. Melalui pameran ini, kami berharap dapat menginspirasi desainer Indonesia untuk melihat dunia desain dari perspektif global, sekaligus menginspirasi semua desainer untuk melihat kembali kreativitas lokal serta memikirkan evolusinya,” ungkap Kotoko Koya, Manajer Regional Jepang & Singapura D&AD.
Kolaborasi inovatif lintas sektor turut hadir dalam pameran COMPASS® X ADGI, yang menampilkan karya 25 studio desain grafis dalam kemitraan dengan jenama sepatu lokal ikonik,
COMPASS. “Kolaborasi Compass bersama ADGI dilinisiasi untuk perayaan 25 tahun Compass pada 2023 lalu yang menghasilkan 25 desain sepatu hasil pemikiran 25 studio desain anggota ADGI. Gerakan ini adalah cerminan semangat kolektif COMPASSⓇ dalam memajukan industri kreatif di Indonesia, gerakan yang didasari perasaan llar dan bebas,” ungkap Aji Handoko, Chief Experience Officer Compass®.
ADGI Design Week 2024 berlangsung dari 11-15 Desember 2024 di Urban Forest Cipete, Jakarta. Pengunjung dapat menjelajahi pameran, mengikuti diskusi inspiratif dengan pembicara dalam dan luar negeri, dan berpartisipasi dalam workshop interaktif yang merayakan peran dinamis desain grafis dalam membentuk masyarakat dan industri.
ADGI Design Week didukung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Paragon Corp, Kahf, Adorama, Paperina, Bintang Sempurna, Castanea, FORMAT, Serrum, Level 7, Satu Collective, Selaksa, ONX Idea Studio, Urban Forest, Artotel Wanderlust, Photograms, Tuku, Pisang Goreng Madu Bu Nanik, Kibos, FLOR, Secbowl, Limau, Toko Kopian, Materium, FIRM, Radio Rumah Oma, Mata Karanjang, dan Telkomsel. (sh)
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Binomedia.id