• Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
Selasa, 21 Oktober 2025
  • Login
  • Register
Binomedia
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
No Result
View All Result
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
No Result
View All Result
Binomedia
No Result
View All Result
Home Bisnis

Riset Tokopedia dan INDEF: Penjualan UMKM Lokal di Kota dengan Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Meningkat 147%

Beto by Beto
17 Desember 2022
in Bisnis
A A
0
Riset Tokopedia dan INDEF: Penjualan UMKM Lokal di Kota dengan Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Meningkat 147%
WhatsappFacebookTelegramTwitter

Binomedia.id – Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, UMKM telah berkontribusi Rp8.547 triliun terhadap PDB Indonesia. Kontribusi UMKM lokal terhadap PDB pun tercatat meningkat dari tahun ke tahun hingga mencapai 60,3% pada 2019. Pemerintah di sisi lain menargetkan pertumbuhan wirausaha di Indonesia sebesar 4% pada 2024.

“UMKM lokal juga memegang peranan dalam peningkatan ekonomi digital, namun aktivitas ekonomi digital Indonesia saat ini masih terpusat di kota-kota besar. Sebagai gambaran, Jakarta menyumbang 17% terhadap PDB Indonesia,” jelas AVP of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho.

“Dibutuhkan sinergi dari semua pihak untuk membantu UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang, serta berkontribusi terhadap perekonomian. Hal ini yang melatarbelakangi Tokopedia menghadirkan inisiatif Hyperlocal sejak 2020,” kata Trian.

Baca Juga : Berkebun Menjadi Salah Satu Hobi Baru yang Marak Sejak Pandemi Simak 4 Tipsnya versi Tokopedia

Riset yang dilakukan Tokopedia bersama Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) berjudul ‘Analisis Dampak Program Hyperlocal Tokopedia terhadap Kondisi Bisnis Penjualan secara Daring, Ekonomi, dan Sosial Kota-Kabupaten Program Hyperlocal’, membuktikan kontribusi inisiatif Hyperlocal Tokopedia untuk perekonomian digital di berbagai daerah.

RelatedPosts

OH!SOME Luncurkan Dua Koleksi Spesial Terinpirasi Dari Pixar Toy Story Dan Disney Zootopia

Harga Emas Global Capai Rekor, LAKUEMAS Permudah Investasi Mulai Rp50.000

WH Hospitality Apresiasi Unit Hotel atas Lonjakan Direct Booking, Fokus Perkuat Hubungan dengan Tamu

Tokopedia Bisnis

Advertisement. Scroll to continue reading.

Inisiatif Hyperlocal mengusung teknologi geo tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada, agar pembeli bisa mendapatkan produk kebutuhan yang lebih beragam dengan lebih cepat dan efisien, serta UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh (tanpa harus pindah ke kota besar). Contoh manifestasi: layanan pemenuhan pesanan ‘Dilayani Tokopedia’, halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokal pembeli ‘Kumpulan Toko Pilihan’, digitalisasi pasar tradisional, dan festival belanja bulanan ‘Waktu Indonesia Belanja/WIB Lokal’.

Hyperlocal Dongkrak Penjualan dan Jaga Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Peneliti INDEF, Nailul Huda, menjelaskan, “Rerata indeks penjualan di kota dengan Hyperlocal Tokopedia meningkat 147% pada 2020-2021 dibandingkan 2017-2019. Surabaya, Bandung dan Yogyakarta menjadi tiga kota dengan Hyperlocal Tokopedia yang memiliki indeks penjualan dan indeks omzet penjualan paling tinggi.”

Surabaya mengalami peningkatan indeks penjualan dan index omzet penjualan masing-masing sebesar 194% dan 85%, Bandung 27% dan 100%, sedangkan Yogyakarta 148% dan 64%.

Baca Juga : Digitalisasi Menjadi Salah Satu Fokus Dalam Transformasi BRIVolution 2.0

Riset ini juga menunjukkan rerata indeks penjualan di kota dengan Hyperlocal lebih besar 5 kali lipat dibandingkan kota tanpa Hyperlocal pada 2017-2021. Sedangkan indeks omzet penjualan di kota dengan Hyperlocal meningkat 67% pada periode 2020-2021 dibandingkan 2017-2019.

“Di sisi lain, riset ini memotret kenaikan persentase pertumbuhan ekonomi yang positif di berbagai kota dengan Hyperlocal Tokopedia, yang turut berkontribusi menjaga pertumbuhan dan pemulihan ekonomi di tengah pandemi. Surabaya (4,29%), Yogyakarta (5,09%) dan Semarang (5,16%) menjadi kota dengan kenaikan persentase pertumbuhan ekonomi tertinggi dari 2020-2021,” jelas Huda.

Sepanjang 2019-2021, rerata persentase pertumbuhan ekonomi di kota tanpa Hyperlocal tercatat sebesar 1,26%, sedangkan di kota dengan Hyperlocal Tokopedia angkanya lebih tinggi, yaitu 2,78%.

Hyperlocal Tokopedia Tahan Laju Peningkatan Pengangguran dan Kemiskinan

“Inisiatif Hyperlocal Tokopedia mampu menahan peningkatan pengangguran agar tidak naik terlalu tajam imbas dari kondisi pandemi Covid-19. Secara statistik, inisiatif Hyperlocal Tokopedia mampu menahan laju peningkatan pengangguran,” papar Huda.

Baca Juga : PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) BRI Jadi BUMN Dengan Kontribusi Dividen & Pajak Terbaik

Hadirnya inisiatif Hyperlocal Tokopedia juga membuat kota-kota dengan Hyperlocal memiliki tingkat kemiskinan yang lebih rendah sebesar 0,14% dibandingkan kota-kota tanpa Hyperlocal. Surabaya, Semarang dan Medan menjadi kota dengan tingkat penurunan kemiskinan terbesar setelah adanya program Hyperlocal.

Hyperlocal Perluas Penetrasi Penjual dan Pembeli di Berbagai Kota

“Mengusung teknologi geo-tagging, Hyperlocal telah memperluas cakupan transaksi penjual, mempermudah masyarakat menemukan toko terdekat, membuat transaksi lebih efisien karena ongkir lebih hemat, dan peningkatan eksposur UMKM lokal dengan potensi penjualan yang besar,” jelas Trian.

Membandingkan data 2017-2019 dengan 2020-2021, Tokopedia dan INDEF mencatat, kota dengan peningkatan indeks jumlah penjual tertinggi, yaitu Surabaya (48%), Bandung (65%), dan Yogyakarta (67%). Sedangkan kota dengan peningkatan indeks jumlah pembeli tertinggi mencakup Bandung (122%), Yogyakarta (142%) dan Surabaya (154%).

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Binomedia.id


Tags: kemenkopukmTokopedia
Beto

Beto

Binomedia.id merupakan platform Bisnis Inovasi Media yang melayani produk informasi dan pemberitaan bernilai positif kepada masyarakat untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang hadir menyajikan informasi-informasi bermanfaat serta terpercaya untuk mengakomodir kepentingan dan kebutuhan para pembacanya.

Related Posts

OH!SOME
Bisnis

OH!SOME Luncurkan Dua Koleksi Spesial Terinpirasi Dari Pixar Toy Story Dan Disney Zootopia

by Shanty. A
20 jam ago
LAKUEMAS
Bisnis

Harga Emas Global Capai Rekor, LAKUEMAS Permudah Investasi Mulai Rp50.000

by Shanty. A
20 jam ago
Waringin Hospitality Hotel Group (WHHG)
Bisnis

WH Hospitality Apresiasi Unit Hotel atas Lonjakan Direct Booking, Fokus Perkuat Hubungan dengan Tamu

by Shanty. A
22 jam ago
MERCURE ALAM SUTERA
Bisnis

Seru! Mercure Serpong Alam Sutera Hadirkan “Trick or Treat” Spesial Halloween, Gratis untuk Semua Tamu!

by Shanty. A
22 jam ago
ADIRA FINANCE
Bisnis

Pasar Minggu Bengkulu Jadi Tuan Rumah Festival Pasar Rakyat 2025: Hadirkan Pasar yang Lebih Sejahtera dan Meriahkan Ekonomi Warga

by Shanty. A
2 hari ago
MIRAE ASSETS
Bisnis

Hadapi Dinamika Makroekonomi, Mirae Asset Rilis 5 Strategi Baru MAIA

by Shanty. A
5 hari ago
Next Post
Dorong UMKM Go Global, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 Catat Deal Business Matching Rp1,2 Triliun

Dorong UMKM Go Global, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 Catat Deal Business Matching Rp1,2 Triliun

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi

OH!SOME

OH!SOME Luncurkan Dua Koleksi Spesial Terinpirasi Dari Pixar Toy Story Dan Disney Zootopia

20 Oktober 2025
LAKUEMAS

Harga Emas Global Capai Rekor, LAKUEMAS Permudah Investasi Mulai Rp50.000

20 Oktober 2025
Waringin Hospitality Hotel Group (WHHG)

WH Hospitality Apresiasi Unit Hotel atas Lonjakan Direct Booking, Fokus Perkuat Hubungan dengan Tamu

20 Oktober 2025
MERCURE ALAM SUTERA

Seru! Mercure Serpong Alam Sutera Hadirkan “Trick or Treat” Spesial Halloween, Gratis untuk Semua Tamu!

20 Oktober 2025
HUAWEI WATCH GT 6 Series

Dapatkan Sekarang! HUAWEI WATCH GT 6 Series Satu-satunya Fashion Smartwatch

20 Oktober 2025
Pentas drama sekolah alam kebun tumbuh di acara ICF 2025

Sekolah Alam Kebun Tumbuh Bersama Komite Nusantara Rayakan Keberagaman Budaya Melalui Festival ICF 2025

20 Oktober 2025

Berita Terpopuler

  • Pentas drama sekolah alam kebun tumbuh di acara ICF 2025

    Sekolah Alam Kebun Tumbuh Bersama Komite Nusantara Rayakan Keberagaman Budaya Melalui Festival ICF 2025

    513 shares
    Share 205 Tweet 128
  • Susunan Media Filter Aquarium, Jamin Jernih

    4974 shares
    Share 1989 Tweet 1243
  • Indofood CBP Hadirkan Experience Penuh Cinta, Rasa, dan Cerita Lewat Nonton Bareng Film “Rangga & Cinta” di 4 Kota Besar Indonesia

    495 shares
    Share 198 Tweet 124
  • Pasar Minggu Bengkulu Jadi Tuan Rumah Festival Pasar Rakyat 2025: Hadirkan Pasar yang Lebih Sejahtera dan Meriahkan Ekonomi Warga

    494 shares
    Share 198 Tweet 124
  • SKK Migas dan KKKS Gelar Lomba Jurnalistik 2025, Angkat Tema Industri Migas sebagai Pilar Ketahanan Energi

    493 shares
    Share 197 Tweet 123
Shortcode field is empty!
Binomedia

Copyright © 2023 Binomedia. Supported Matek

Navigate Site

  • HOME
  • About us
  • Copyright
  • Privacy Policy
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Contact Us

Follow Us

Welcome Back!

Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Google
OR

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling

Copyright © 2023 Binomedia. Supported Matek