• Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
Jumat, 12 Desember 2025
  • Login
  • Register
Binomedia
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
No Result
View All Result
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
No Result
View All Result
Binomedia
No Result
View All Result
Home Bisnis

Bukalapak Ciptakan Dampak Berkelanjutan Demi Pemenuhan ESG dan SDGs PBB

Indra by Indra
22 Oktober 2022
in Bisnis
A A
0
Bukalapak Ciptakan Dampak Berkelanjutan Demi Pemenuhan ESG dan SDGs PBB

Bukalapak Ciptakan Dampak Berkelanjutan Demi Pemenuhan ESG dan SDGs PBB

WhatsappFacebookTelegramTwitter

Binomedia.id – Sebagai perusahaan teknologi dengan komitmen untuk memberdayakan pelaku UMKM, Bukalapak memiliki misi ciptakan dampak berkelanjutan demi pemenuhan ESG dan SDGs PBB, dan untuk menciptakan A Fair Economy For All.

Dengan membawa dampak dari misi ini, Bukalapak ingin berkontribusi terhadap tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) milik PBB. Kontribusi ini dilakukan melalui operasi bisnis dan sejumlah inisiatif yang didedikasikan untuk pemenuhan pilar Environment, Social, dan Governance (ESG).

Dalam melaksanakan inisiatif-inisiatif di pilar-pilar ini, Bukalapak menyasar 3 tujuan di kegiatan bisnisnya yaitu menekan angka kemiskinan dengan cara meningkatkan pendapatan, mengurangi ketidaksetaraan dengan memperluas akses ke pasar, serta mendorong kesetaraan gender melalui akses yang sama ke berbagai peluang.

Baca Juga: Pegadaian Umumkan Pemenang Lomba Bank Sampah

“Bukalapak telah berjalan bersama lebih dari 20 juta pelaku UMKM di tanah air, membantu mereka mengembangkan usaha, dan mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan taraf hidup. Dampak berkelanjutan seperti inilah yang kami usung di Bukalapak. Dari sini, kami ingin melangkah lebih jauh. Kami ingin memperluas dampak ini menjadi sesuatu yang dapat membawa kita dan generasi penerus kita ke masa depan yang berkelanjutan. Semoga semua program dan inisiatif yang kami jalankan, baik secara independen, maupun lewat kolaborasi dengan beragam pihak, dapat mendukung tujuan kami mencapai hal tersebut”, ujar Teddy Oetomo, President Bukalapak, saat acara “Media Day: Ciptakan Dampak Melalui Inisiatif ESG” di Jakarta, (21/10).

RelatedPosts

Gaspol Aktivitas Tanpa Was-Was! bluInsurance Sediakan Asuransi Digital, Mulai dari Harga Ngopi 

Artotel Wanderlust Luncurkan Program “Semarak Akhir Tahun 2025” Bernuansa Budaya Indonesia

Rayakan Akhir Tahun, Oakwood Suites La Maison Jakarta Tawarkan Pengalaman Menginap Premium

Untuk program-program di pilar Social, Bukalapak melalui Mitra Bukalapak telah merangkul 14.2 juta UMKM di seluruh Indonesia untuk mentransformasi bisnis mereka dan menempatkan mereka sejajar dengan bisnis-bisnis modern.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Para Mitra Bukalapak tercatat berhasil meningkatkan pendapatan mereka hingga 3x lipat sejak bergabung jadi Mitra Bukalapak. Inisiatif lainnya di pilar ini di antaranya donasi laptop pada pelaku usaha perempuan serta anak-anak usia sekolah untuk meningkatkan inklusi digital.

Baca Juga: 23,5 Juta Nasabah Merasakan Manfaat Holding Ultra Mikro

Sedangkan di pilar Environment, Bukalapak berkolaborasi dengan sejumlah perusahaan dan organisasi yang memiliki misi sejalan, di antaranya Bank DBS Indonesia, WWF Indonesia, dan PlasticPay. Sejumlah inisiatif dijalankan demi terciptanya dampak yang berkelanjutan bagi lingkungan hidup.

Bukalapak bersama PlasticPay mengajak para Mitra Bukalapak dan pelanggannya serta masyarakat sekitar untuk menumbuhkan kebiasaan mendaur ulang dengan cara menukarkan sampah plastik dengan poin melalui dropbox PlasticPay di warung dan toko Mitra Bukalapak.

Poin yang terkumpul dapat digunakan untuk bertransaksi di seluruh warung dan toko Mitra Bukalapak. Dari kegiatan tersebut, Bukalapak berhasil mengumpulkan lebih dari 300 kg sampah plastik dan lebih dari 19.000 sampah botol plastik.

Baca Juga: Banjir Jawa Timur, BRI Peduli Salurkan Bantuan

Lewat kolaborasi dan bimbingan dari WWF Indonesia, Bukalapak berupaya menerapkan praktek sourcing yang berkelanjutan dan minim sampah, terutama di kalangan para pelaku UMKM. WWF Indonesia juga akan memberikan pelatihan pada para pelaku UMKM yang menjual sustainable products agar bisnisnya bisa terus berkembang.

Demi memperkuat upaya untuk melestarikan lingkungan yang berkelanjutan, Bukalapak juga berpartisipasi dalam program More Sustainability Actions, Less Waste yang dijalankan oleh Bank DBS Indonesia.

Program ini merupakan bagian dari gerakan #MakanTanpaSisa yang telah dijalankan oleh Bank DBS Indonesia sejak tahun 2020 dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dan mengurangi limbah makanan di Indonesia.

Pada awal kolaborasi ini, Bukalapak menyumbangkan ± 1 ton produk makanan dalam kemasan atau setara pencegahan ± 1,43 ton CO2e total emisi yang berpotensi dihasilkan jika total produk tersebut berakhir menjadi sampah makanan.

Bukalapak menyumbangkan produk makanan berupa makanan dan minuman instan yang akan disalurkan oleh Yayasan Surplus Peduli Pangan, yayasan yang diinisiasi oleh PT Ekonomi Sirkular Indonesia (Surplus Indonesia).

Sedangkan di pilar Governance, inisiatif Bukalapak berfokus pada penciptaan lingkungan kerja yang inklusif dan nyaman bagi para karyawannya. Dalam hal ini, Bukalapak berkolaborasi dengan Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) dalam menggelar rangkaian diskusi dan pelatihan bagi para karyawan terkait kesetaraan gender di lingkungan kerja.

Saat ini Bukalapak juga tercatat sebagai perusahaan teknologi dengan tingkat representasi perempuan tertinggi, di mana terdapat 38% karyawan perempuan di high level dan lebih dari 20% perempuan di jajaran direksi dan komisaris perusahaan.

Bukalapak juga memiliki program #availABLE, di mana Bukalapak bekerjasama dengan DIFAlink dan YPAS (Yayasan Peduli Anak Spesial) untuk meningkatkan jumlah rekrutmen bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

Dari inisiatif-inisiatif ini, Bukalapak telah mendapatkan penghargaan UN Women Asia Award di kategori Gender Responsive Marketplace.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Binomedia.id


Tags: BukalapakBukalapak UMKMDampak BerkelanjutanMakan Tanpa Sisa
Indra

Indra

Binomedia.id merupakan platform Bisnis Inovasi Media yang melayani produk informasi dan pemberitaan bernilai positif kepada masyarakat untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang hadir menyajikan informasi-informasi bermanfaat serta terpercaya untuk mengakomodir kepentingan dan kebutuhan para pembacanya.

Related Posts

BLU DIGITAL
Bisnis

Gaspol Aktivitas Tanpa Was-Was! bluInsurance Sediakan Asuransi Digital, Mulai dari Harga Ngopi 

by Shanty. A
19 jam ago
Artotel Wanderlust
Bisnis

Artotel Wanderlust Luncurkan Program “Semarak Akhir Tahun 2025” Bernuansa Budaya Indonesia

by Shanty. A
2 hari ago
Oakwood Suites La Maison Jakarta
Bisnis

Rayakan Akhir Tahun, Oakwood Suites La Maison Jakarta Tawarkan Pengalaman Menginap Premium

by Shanty. A
2 hari ago
ASHTA District 8
Bisnis

ASHTA District 8 Hadirkan “Noël Lumière”, Rayakan Akhir Tahun dengan Instalasi, Pasar Liburan, dan Pengalaman Sensorik

by Shanty. A
3 hari ago
Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)
Bisnis

Industri Asuransi Jiwa Tutup 2025 dengan Pertumbuhan Tertanggung dan Penguatan Perlindungan Konsumen

by Shanty. A
3 hari ago
MIRAE ASSETS
Bisnis

Momentum 2026 Dinilai Mirae Asset Membuka Peluang bagi Komoditas, Konsumsi, dan Telekomunikasi

by Shanty. A
7 hari ago
Next Post
Single Kedua Kata Krass Kota “Oxy Negeri”

Single Kedua Kata Krass Kota "Oxy Negeri"

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi

BLU DIGITAL

Gaspol Aktivitas Tanpa Was-Was! bluInsurance Sediakan Asuransi Digital, Mulai dari Harga Ngopi 

11 Desember 2025
BAREBLISS

barenbliss “Holiday Glow Kit”: Low-Effort, High-Impact K-Beauty Kit Wajib Untuk Liburan Akhir Tahun

11 Desember 2025
YAYASAN WINGS

Percepat Pemulihan, Yayasan WINGS Peduli Distribusikan Bantuan ke Wilayah Banjir dan Longsor di Sumatra

10 Desember 2025
Artotel Wanderlust

Artotel Wanderlust Luncurkan Program “Semarak Akhir Tahun 2025” Bernuansa Budaya Indonesia

9 Desember 2025
Oakwood Suites La Maison Jakarta

Rayakan Akhir Tahun, Oakwood Suites La Maison Jakarta Tawarkan Pengalaman Menginap Premium

9 Desember 2025
ASHTA District 8

ASHTA District 8 Hadirkan “Noël Lumière”, Rayakan Akhir Tahun dengan Instalasi, Pasar Liburan, dan Pengalaman Sensorik

8 Desember 2025

Berita Terpopuler

  • Susunan Media Filter Aquarium, Jamin Jernih

    Susunan Media Filter Aquarium, Jamin Jernih

    5043 shares
    Share 2016 Tweet 1260
  • Parenting Bash 2025: Ajang Edukasi dan Interaksi Keluarga Hadir 5–7 Desember di Kota Kasablanka

    494 shares
    Share 198 Tweet 124
  • Betadine Luncurkan Produk Terbarunya #PakeYangBening di Parenting Bash by theAsianparent”

    494 shares
    Share 198 Tweet 124
  • Artotel Wanderlust Luncurkan Program “Semarak Akhir Tahun 2025” Bernuansa Budaya Indonesia

    492 shares
    Share 197 Tweet 123
  • Industri Asuransi Jiwa Tutup 2025 dengan Pertumbuhan Tertanggung dan Penguatan Perlindungan Konsumen

    492 shares
    Share 197 Tweet 123
Shortcode field is empty!
Binomedia

Copyright © 2023 Binomedia. Supported Matek

Navigate Site

  • HOME
  • About us
  • Copyright
  • Privacy Policy
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Contact Us

Follow Us

Welcome Back!

Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Google
OR

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling

Copyright © 2023 Binomedia. Supported Matek