• Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
Kamis, 16 Oktober 2025
  • Login
  • Register
Binomedia
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
No Result
View All Result
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
No Result
View All Result
Binomedia
No Result
View All Result
Home Bisnis

Lazada Perkuat Komitmen Dukung UMKM dan Brand Lokal dengan Inovasi Teknologi dan Logistik Terpadu

Shanty. A by Shanty. A
5 Maret 2025
in Bisnis
A A
0
LAZADA

(Kiri) Reinaldo Harjanto, Chief Logistics Officer Lazada Indonesia, (Tengah) Amelia Tediarjo, Head of Operations Lazada Indonesia

WhatsappFacebookTelegramTwitter

binomedia.id – Jakarta. Lazada Indonesia, salah satu platform eCommerce terkemuka di Indonesia, kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta brand lokal. Melalui sejumlah inovasi teknologi, fitur khusus, strategi hiperlokal, dan sistem logistik terpadu, Lazada tidak hanya membantu pelaku usaha bertahan, tetapi juga berkembang pesat di era digital. Komitmen ini diungkapkan dalam acara diskusi  bertajuk “Komitmen Lazada Terhadap Pengembangan UMKM dan Brand Lokal” yang digelar hari ini di Jakarta. Sebagai pembicara kunci, Reinaldo Harjanto, Chief Logistics Officer Lazada Indonesia dan Amelia Tediarjo, Head of Operations Lazada Indonesia memaparkan upaya Lazada mendorong pertumbuhan berkelanjutan melalui adaptasi dan inovasi, khususnya bagi UMKM dan brand lokal di Indonesia.

“Brand dan UMKM lokal telah terbukti sebagai pilar penting perekonomian. Pasar Indonesia sangat besar, bahkan terbesar di Asia Tenggara, maka mendukung UMKM untuk menguasai pasar dalam negeri merupakan langkah strategis,” ujar Amelia Tediarjo yang menekankan pentingnya peran brand dan UMKM lokal sebagai penopang perekonomian negara.

Ekosistem digital Lazada didukung oleh teknologi canggih yang dirancang untuk membantu brand dan UMKM naik kelas, sekaligus memberikan pengalaman belanja yang mudah dan menyenangkan bagi konsumen. “Kami memiliki berbagai fitur berbasis kecerdasan buatan, seperti AI Lazzie yang memberikan rekomendasi produk terbaik, gamifikasi dengan berbagai hadiah, serta fitur virtual try-on yang memungkinkan calon pembeli ‘mencoba’ produk secara virtual,” papar Amelia. “Selain menciptakan pengalaman belanja yang terpersonalisasi untuk konsumen, fitur ini juga bisa meningkatkan keterlibatan penjual dengan pembeli yang diharapkan bisa mendorong penjualan.”

Lebih lanjut Amelia menambahkan bahwa Lazada tidak hanya menyediakan dukungan dan penawaran berbasis teknologi, tetapi juga berbagai data dan wawasan yang berguna untuk para penjual di Lazada “Seller Center Lazada tidak hanya menyediakan data kinerja toko secara real-time, namun juga menyediakan data dan wawasan terkait dengan tren penjualan di pasar, yang dapat dijadikan referensi untuk penyusunan strategi bisnis,” jelas Amelia.

RelatedPosts

WINGS Care Luncurkan Happily: Popok Celana Dewasa 3in1 Pertama di Indonesia, Wujudkan Lansia Aktif dan Bahagia di Usia Emas

Harga Emas Sentuh Rekor Tertinggi US$4.000, Saatnya Punya Emas Digital LAKUEMAS

PRO AVL Indonesia 2025 Resmi Dibuka, Pameran Internasional Perkuat Inovasi Industri Audio, Visual, dan Musik Tanah Air

Lazada juga menghadirkan berbagai kanal untuk mempermudah interaksi antara penjual dan pembeli. Salah satunya adalah LazMall, dengan 32.000 brand lokal dan internasional terkemuka menawarkan pengalaman belanja yang serupa dengan berbelanja di mall offline. LazMall menawarkan berbagai keuntungan tambahan, diantaranya jaminan keaslian produk (100% original), jaminan pengiriman tepat waktu, jaminan ketersediaan stok, serta jaminan kemudahan pengembalian apabila barang yang dikirim tidak sesuai atau ternyata kurang cocok dalam 30 hari.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Brand dan UMKM yang bergabung di LazMall akan mendapatkan banyak keuntungan, terutama dengan keberadaan kanal khusus seperti LazMart yang menjual produk kebutuhan sehari-hari dan LazBeauty yang fokus pada produk perawatan kulit dan kecantikan. “Kanal khusus ini mempermudah penjual dan pembeli untuk terhubung lebih cepat, sekaligus mempercepat transaksi. Calon pembeli yang masuk ke kanal tersebut sudah pasti mencari produk di kategori yang sesuai,” tambah Amelia.

Strategi Hiperlokal dan Kekuatan Logistik Terpadu

Lazada juga berfokus pada strategi hiperlokal, yang berupaya mendekatkan rantai pasokan dengan pelanggan. Amelia menjelaskan, “Melalui implementasi strategi hiperlokal, kami memberdayakan brand  dan UMKM lokal untuk memastikan produk yang banyak dicari pelanggan tidak hanya terjamin ketersediaan dan kualitasnya, namun juga dekat dengan pelanggan. Surabaya menjadi kota percontohan untuk strategi hiperlokal, dimana kehadiran kami di Surabaya dilakukan secara holistik, tidak hanya pada pengembangan fitur dan penawaran yang ada di aplikasi, namun juga dari sisi jaringan dan infrastruktur operasional logistik yang menjadi kunci keberhasilan hiperlokal.”

Strategi hiperlokal Lazada di Surabaya menunjukkan keberhasilan yang signifikan. Sejak diluncurkan pada awal Oktober 2024 lalu, terjadi peningkatan jumlah pembeli dan jumlah pasokan lokal secara berkelanjutan, dengan kontribusi penjualan local-to-local mencapai lebih dari 50% dalam waktu satu bulan sejak diluncurkan. Potensi pasar hiperlokal terus bertumbuh, ditunjukkan dengan semakin banyak brand, baik brand multinasional maupun brand lokal, juga memanfaatkan fasilitas logistik di Lazada untuk memastikan kecepatan dan kelancaran pemenuhan pesanan pembeli.

Pada kesempatan yang sama Reinaldo Harjanto, Chief Logistics Officer Lazada Indonesia juga menegaskan bahwa strategi hiperlokal dan dukungan logistik terpadu menjadi kunci utama dalam membantu UMKM menjangkau pasar yang lebih luas. “Melalui berbagai program dan inisiatif, kami ingin memastikan bahwa UMKM dan brand lokal tidak hanya bertahan, tetapi juga mampu bersaing dan tumbuh secara berkelanjutan di pasar digital. Ini sejalan dengan misi kami untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional. Setelah Surabaya, kini kami akan mulai menggarap Medan, Sumatra Utara sebagai kota tujuan hiperlokal kami selanjutnya,” jelasnya.

Menurut Reinaldo, Lazada terus memperkuat ekosistem digital terpadunya yang menggabungkan eCommerce dan sistem logistik canggih untuk memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli di ekosistem Lazada. Unit usaha logistik Lazada, yang dikenal sebagai LEX, menjadi pionir logistik eCommerce pertama di Indonesia yang didukung oleh data dan teknologi mutakhir. “Dukungan teknologi canggih di Lazada memungkinkan operasional kami menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga tidak hanya pengiriman bisa dilakukan dengan tepat waktu, namun juga dengan penawaran harga yang kompetitif bagi pelanggan,” ujar Reinaldo.

Dengan dukungan infrastruktur logistik berbasis kecerdasan buatan (AI), seperti smart warehousing dan intelligent routing, Lazada memastikan sistem inventori brand di gudang dapat diprediksi dengan akurat serta proses pengiriman yang efisien dan tepat waktu. Hal ini tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga memberikan pengalaman terbaik bagi brand dan penjual yang bergabung dalam platform Lazada. “Kami memiliki lebih dari 200 fasilitas logistik yang tersebar di lebih dari 150 kota di Indonesia, serta 15.000 karyawan dan mitra kurir yang menjadi garda depan operasional logistik kami untuk mendukung pemenuhan dan pengiriman terintegrasi bagi brand dan UMKM di ekosistem kami melalui layanan Fulfillment by Lazada (FBL),” jelas Reinaldo.

Reinaldo menambahkan bahwa dukungan dari para mitra logistik lokal turut memperkuat jangkauan Lazada. “Dukungan dari para mitra logistik lokal di berbagai daerah juga membuat kami bisa menjangkau pelanggan di manapun, di area terpencil sekalipun. Dengan demikian, tidak hanya kami bisa memberdayakan mitra logistik lainnya, kami juga bisa berinvestasi secara strategis di area lain yang bisa mendorong pertumbuhan berkelanjutan kami,” tutup Reinaldo. (sh)

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Binomedia.id


Tags: lazada indonesia
Shanty. A

Shanty. A

Related Posts

WINGS Care
Bisnis

WINGS Care Luncurkan Happily: Popok Celana Dewasa 3in1 Pertama di Indonesia, Wujudkan Lansia Aktif dan Bahagia di Usia Emas

by Shanty. A
2 hari ago
LAKUEMAS
Bisnis

Harga Emas Sentuh Rekor Tertinggi US$4.000, Saatnya Punya Emas Digital LAKUEMAS

by Shanty. A
2 hari ago
PRO AVL Indonesia
Bisnis

PRO AVL Indonesia 2025 Resmi Dibuka, Pameran Internasional Perkuat Inovasi Industri Audio, Visual, dan Musik Tanah Air

by Affandy
1 minggu ago
Panasonic
Bisnis

Panasonic Perkuat Industri Manufaktur Indonesia Lewat Teknologi Welding dan Pusat Inovasi SIC

by Editor : Fadhil
1 minggu ago
Suasana rapat Perisai Syarikat Islam saat pembentukan Koperasi Perisai SI. (Dok. Istimewa)
Bisnis

Perkuat Ekonomi Umat, Menteri Koperasi dan Aditya Yusma Beri Arahan dalam Rapat Pembentukan Koperasi Perisai SI

by Muhammad Fadhli
1 minggu ago
K Mall
Bisnis

Fragments of The Tree of Life: Kolaborasi K Mall x Yessiow Hadir di Art Jakarta 2025

by Shanty. A
1 minggu ago
Next Post
Povidone-Iodine

Antiseptik Kewanitaan Mengandung Povidone-Iodine Atasi Keputihan dengan Percaya Diri dan Perawatan Tepat

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi

Inungsky kampanyekan kejujuran dalam berkarya lewat rilis lagu perdana Langit Biru. (Dok. Istimewa)

Inungsky Rilis Single Perdana “Langit Biru”, Simbol Keberanian dan Kejujuran Seorang Musisi

16 Oktober 2025
Mobil Terbang Xpeng

Era Mobil Terbang Dimulai, Xpeng Bangun Pabrik Baru di Guangzhou

15 Oktober 2025
DGX Spark

Jensen Huang Serahkan DGX Spark ke Elon Musk: Awal Era Baru Superkomputer AI Desktop

14 Oktober 2025
IKEA

IKEA Indonesia Rayakan Ulang Tahun ke-11, Ajak Pelanggan Dengan Penawaran Khusus untuk Aggota IKEA Family

14 Oktober 2025
Jangan Panggil Mama Kafir

Jangan Panggil Mama Kafir: Kisah Ibu Non-Muslim yang Membesarkan Anak dalam Ajaran Islam

14 Oktober 2025
WINGS Care

WINGS Care Luncurkan Happily: Popok Celana Dewasa 3in1 Pertama di Indonesia, Wujudkan Lansia Aktif dan Bahagia di Usia Emas

14 Oktober 2025

Berita Terpopuler

  • Susunan Media Filter Aquarium, Jamin Jernih

    Susunan Media Filter Aquarium, Jamin Jernih

    4969 shares
    Share 1987 Tweet 1242
  • IKEA Indonesia Rayakan Ulang Tahun ke-11, Ajak Pelanggan Dengan Penawaran Khusus untuk Aggota IKEA Family

    495 shares
    Share 198 Tweet 124
  • Mal Ciputra Jakarta Sambut Kembali Food Destination dengan Tenant Pilihan Terbaik dan Desain Modern

    494 shares
    Share 198 Tweet 124
  • Perdays bermitra dengan Halodoc untuk mengembangkan solusi suplemen zat besi ilmiah

    495 shares
    Share 198 Tweet 124
  • MR.D.I.Y. Indonesia dan T.CARE Tingkatkan Edukasi dan Kapasitas Komunitas Bank Sampah di Jabodetabek Melalui Program “Waste to Empower”

    493 shares
    Share 197 Tweet 123
Shortcode field is empty!
Binomedia

Copyright © 2023 Binomedia. Supported Matek

Navigate Site

  • HOME
  • About us
  • Copyright
  • Privacy Policy
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Contact Us

Follow Us

Welcome Back!

Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Google
OR

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling

Copyright © 2023 Binomedia. Supported Matek