• Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
Rabu, 29 Oktober 2025
  • Login
  • Register
Binomedia
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
No Result
View All Result
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
No Result
View All Result
Binomedia
No Result
View All Result
Home Bisnis

MR.D.I.Y. Dorong Gaya Hidup Belanja Cerdas di Kalangan Generasi Muda

Shanty. A by Shanty. A
28 Oktober 2025
in Bisnis
A A
0
MR.D.I.Y
WhatsappFacebookTelegramTwitter

binomedia.id – Jakarta Di tengah meningkatnya tren konsumtif di kalangan anak muda Indonesia, kemampuan mengelola keuangan pribadi kini menjadi tantangan tersendiri. Populix Report 2024 menunjukkan bahwa sebagian besar Gen Z Indonesia masih mengutamakan pengeluaran untuk gaya hidup dan hiburan meski belum memiliki penghasilan stabil. Data OJK per Maret 2025 bahkan mengungkapkan bahwa individu berusia 19–34 tahun mendominasi pinjaman fintech hingga 51,25%, menandakan kerentanan finansial yang semakin meningkat di kalangan muda. Kondisi ini menuntut hadirnya edukasi dan pilihan konsumsi yang lebih bijak agar generasi muda dapat tetap menikmati gaya hidup tanpa mengorbankan kesehatan finansial mereka.

Dalam momentum Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2025, MR.D.I.Y. Indonesia turut hadir dengan semangat mendukung generasi muda Indonesia untuk membangun kebiasaan finansial yang sehat. Edwin Cheah, Direktur Utama MR.D.I.Y. Indonesia, mengungkapkan, “Kami menyadari bahwa generasi muda saat ini perlu mendapatkan akses terhadap edukasi dan literasi keuangan yang baik agar mampu menjaga finansialnya tetap sehat. MR.D.I.Y. Indonesia ingin mengajak anak muda untuk lebih cermat dalam memilih produk yang bukan hanya mengikuti tren, tetapi juga memiliki nilai guna dan manfaat nyata dalam kehidupan sehari-hari.”

Smart Spending di Era Tren

Di era media sosial, tren dan viralitas kerap menjadi pendorong utama keputusan belanja anak muda. Mulai dari outfit, skincare, hingga aksesori gadget, banyak yang membeli karena “takut ketinggalan tren” atau FOMO (fear of missing out) alih-alih karena kebutuhan sebenarnya.

RelatedPosts

HARRIS Puri Mansion Rayakan Ulang Tahun ke-5 Lewat “Cheers to 5 Years: Stronger and Brighter”, Wujud Apresiasi untuk Mitra Korporat

Jelajahi “Surga Golf” Interaktif: Main Gratis di Simulator, Belajar dari Pro, Borong Gear Diskon, hingga Jaringan Bisnis

HaKa 2025 Hadir di ICE BSD: Perpaduan Gaya Hidup Halal, Kreativitas, dan Kolaborasi Anak Muda Muslim

“Membedakan kebutuhan dan keinginan akan membantu anak muda sadar prioritas, terutama saat mengambil keputusan finansial. Keputusan ini nantinya berdampak pada kehidupan jangka panjang,” jelas  Ligwina Hananto, CEO and Lead Financial Trainer QM Financial.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sejalan dengan pendapat Ligwina, MR.D.I.Y. ingin mengingatkan bahwa berbelanja bukan sekadar mengikuti tren, tetapi juga bagian penting dari pengelolaan finansial yang sehat. Dengan membiasakan diri memilih barang yang benar-benar dibutuhkan, anak muda bisa tetap tampil relevan tanpa harus terjebak impulsive buying atau keborosan.

“Dampak jangka panjang dari impulsive buying biasanya membuat seseorang kesulitan mempertahankan gaya hidup sesuai keinginan. Saat uang habis tanpa perhitungan, dana untuk masa depan pun terkikis. Anak muda bisa menghindarinya dengan menunda pembelian barang yang hanya keinginan sesaat dan fokus pada nilai guna jangka panjang,” tambah Ligwina.

Dalam menjaga finansial tetap terjaga dengan sehat, memutuskan berbelanja kebutuhan sehari-hari menjadi salah satu hal yang penting. MR.D.I.Y. Indonesia bisa menjadi solusi bagi generasi muda yang ingin memenuhi kebutuhan tanpa harus menguras kantong. Melalui ribuan pilihan produk fungsional yang relevan dengan keseharian, mulai dari perlengkapan rumah tangga, kebutuhan belajar dan kerja, hingga barang gaya hidup, MR.D.I.Y. dapat membantu anak muda berbelanja secara lebih cerdas, hemat, dan bijak secara finansial.

Ligwina menambahkan, “Skill berbelanja cerdas adalah salah satu skill penting yang harus dimiliki sejak muda. Hal ini dapat membantu masyarakat memilih barang berkualitas yang hemat dalam jangka panjang dibanding membeli barang murah yang cepat rusak. Seperti contoh, bisa berbelanja di ritel yang memberikan beragam kategori produk dengan harga terjangkau seperti MR.D.I.Y.” jelasnya.

Oleh karena itu, MR.D.I.Y. Indonesia dan Ligwina juga memberikan beberapa tips praktis untuk mengelola dorongan belanja impulsif:

  1. Buat Daftar Kebutuhan Sebelum Belanja
    Tentukan barang apa yang benar-benar dibutuhkan, sehingga setiap keputusan belanja lebih terarah dan tidak boros.
  2. Tunda Pembelian untuk Barang yang Hanya Diinginkan Sesaat
    Jika merasa ingin membeli sesuatu karena tren, beri waktu beberapa hari untuk menilai apakah barang itu benar-benar penting.
  3. Fokus pada Nilai Guna dan Manfaat Jangka Panjang
    Pilih barang yang bisa digunakan berkali-kali atau mendukung produktivitas, daripada barang viral yang cepat usang.
  4. Pahami Gaya Belanja dan PrinsipValue for Money
    Setiap orang memiliki gaya berbeda: ada yang lebih fokus kuantitas (banyak barang murah) dan ada yang lebih mengutamakan kualitas (siap bayar lebih untuk produk awet). Yang terpenting, pastikan harga dan kualitas seimbang dan sesuai kebutuhan.
  5. Gunakan Belanja Cerdas untuk Latihan Literasi Keuangan
    Setiap keputusan berbelanja bisa menjadi pelajaran finansial. Dengan memilih produk tepat guna, anak muda bisa mulai membentuk kebiasaan mengelola uang secara sehat sejak dini.

“Selaras dengan prinsip literasi finansial, setiap keputusan kecil dapat berdampak besar terhadap kesehatan keuangan di masa depan. MR.D.I.Y. memahami bahwa penerapan prinsip value for money dan mengenali gaya belanja masing-masing merupakan langkah penting agar setiap pengeluaran mendukung tujuan finansial jangka panjang. Oleh karena itu, kami berharap generasi muda dapat menjadikan belanja sebagai bagian dari gaya hidup yang cerdas, hemat, dan berdampak positif terhadap kesehatan finansial.” tutup Edwin Cheah, Direktur Utama MR.D.I.Y. Indonesia. (rls/sh)

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Binomedia.id


Tags: MR.D.I.Y. Indonesia
Shanty. A

Shanty. A

Related Posts

HARRIS Puri Mansion
Bisnis

HARRIS Puri Mansion Rayakan Ulang Tahun ke-5 Lewat “Cheers to 5 Years: Stronger and Brighter”, Wujud Apresiasi untuk Mitra Korporat

by Shanty. A
11 jam ago
GOLF
Bisnis

Jelajahi “Surga Golf” Interaktif: Main Gratis di Simulator, Belajar dari Pro, Borong Gear Diskon, hingga Jaringan Bisnis

by Shanty. A
4 hari ago
halal kulture
Bisnis

HaKa 2025 Hadir di ICE BSD: Perpaduan Gaya Hidup Halal, Kreativitas, dan Kolaborasi Anak Muda Muslim

by Shanty. A
4 hari ago
ATOME
Bisnis

Perkuat Literasi Keuangan, Atome Berpartisipasi di Multifinance Day 2025 Manado

by Shanty. A
4 hari ago
OH!SOME
Bisnis

OH!SOME Luncurkan Dua Koleksi Spesial Terinpirasi Dari Pixar Toy Story Dan Disney Zootopia

by Shanty. A
1 minggu ago
LAKUEMAS
Bisnis

Harga Emas Global Capai Rekor, LAKUEMAS Permudah Investasi Mulai Rp50.000

by Shanty. A
1 minggu ago

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi

MR.D.I.Y

MR.D.I.Y. Dorong Gaya Hidup Belanja Cerdas di Kalangan Generasi Muda

28 Oktober 2025
Polytron PEVR

Komunitas Motor Listrik Polytron PEVR dan PLN Pecahkan Rekor MURI: Pengisian Daya Terbanyak dari Satu Merek

28 Oktober 2025
HARRIS Puri Mansion

HARRIS Puri Mansion Rayakan Ulang Tahun ke-5 Lewat “Cheers to 5 Years: Stronger and Brighter”, Wujud Apresiasi untuk Mitra Korporat

28 Oktober 2025
Rulli Aryanto, Pemilik NPSCORP bersama para pemilik label di bawah naungannya. (Dok. Istimewa)

NPSCORP Deklarasikan Peralihan Program Superkids & Superpops ke GSI Records dan Superkids Records

27 Oktober 2025
Jungleland Sentul

Bosan Dengan Aktifitas IbuKota, yuk Bertualang bersama Adit Sopo Jarwo di Jungleland Sentul

25 Oktober 2025
GOLF

Jelajahi “Surga Golf” Interaktif: Main Gratis di Simulator, Belajar dari Pro, Borong Gear Diskon, hingga Jaringan Bisnis

25 Oktober 2025

Berita Terpopuler

  • Susunan Media Filter Aquarium, Jamin Jernih

    Susunan Media Filter Aquarium, Jamin Jernih

    4988 shares
    Share 1994 Tweet 1247
  • Mie Sedaap Gelar Come See Mie 2025 di Kota Kasablanka

    497 shares
    Share 199 Tweet 124
  • “Edukasi Kanker Hati Melalui Cancer Talk: Menyongsong Harapan Baru dalam Deteksi dan Terapi”

    496 shares
    Share 198 Tweet 124
  • Asics Community Slam 2024, Rayakan Semangat Kebersamaan Dalam Olahraga

    498 shares
    Share 199 Tweet 125
  • Prevalensi Stunting di Indonesia Berdasarkan Survei SSGI Berada Pada Angka 24,4 persen

    497 shares
    Share 198 Tweet 124
Shortcode field is empty!
Binomedia

Copyright © 2023 Binomedia. Supported Matek

Navigate Site

  • HOME
  • About us
  • Copyright
  • Privacy Policy
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Contact Us

Follow Us

Welcome Back!

Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Google
OR

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling

Copyright © 2023 Binomedia. Supported Matek