• Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
Selasa, 16 Desember 2025
  • Login
  • Register
Binomedia
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
No Result
View All Result
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
No Result
View All Result
Binomedia
No Result
View All Result
Home Bisnis

MR.D.I.Y. Dorong Gaya Hidup Belanja Cerdas di Kalangan Generasi Muda

Shanty. A by Shanty. A
28 Oktober 2025
in Bisnis
A A
0
MR.D.I.Y
WhatsappFacebookTelegramTwitter

binomedia.id – Jakarta Di tengah meningkatnya tren konsumtif di kalangan anak muda Indonesia, kemampuan mengelola keuangan pribadi kini menjadi tantangan tersendiri. Populix Report 2024 menunjukkan bahwa sebagian besar Gen Z Indonesia masih mengutamakan pengeluaran untuk gaya hidup dan hiburan meski belum memiliki penghasilan stabil. Data OJK per Maret 2025 bahkan mengungkapkan bahwa individu berusia 19–34 tahun mendominasi pinjaman fintech hingga 51,25%, menandakan kerentanan finansial yang semakin meningkat di kalangan muda. Kondisi ini menuntut hadirnya edukasi dan pilihan konsumsi yang lebih bijak agar generasi muda dapat tetap menikmati gaya hidup tanpa mengorbankan kesehatan finansial mereka.

Dalam momentum Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2025, MR.D.I.Y. Indonesia turut hadir dengan semangat mendukung generasi muda Indonesia untuk membangun kebiasaan finansial yang sehat. Edwin Cheah, Direktur Utama MR.D.I.Y. Indonesia, mengungkapkan, “Kami menyadari bahwa generasi muda saat ini perlu mendapatkan akses terhadap edukasi dan literasi keuangan yang baik agar mampu menjaga finansialnya tetap sehat. MR.D.I.Y. Indonesia ingin mengajak anak muda untuk lebih cermat dalam memilih produk yang bukan hanya mengikuti tren, tetapi juga memiliki nilai guna dan manfaat nyata dalam kehidupan sehari-hari.”

Smart Spending di Era Tren

Di era media sosial, tren dan viralitas kerap menjadi pendorong utama keputusan belanja anak muda. Mulai dari outfit, skincare, hingga aksesori gadget, banyak yang membeli karena “takut ketinggalan tren” atau FOMO (fear of missing out) alih-alih karena kebutuhan sebenarnya.

RelatedPosts

Café Kissa x Lancôme: A Pink Holiday

PCS 2025 Berakhir Sukses, Tegaskan Indonesia sebagai Magnet Industri Cat dan Pelapis Asia-Pasifik

Maxim Indonesia Gelar Dialog Lintas Kementerian, Bahas Sinergi Ekosistem Transportasi Digital dan Inklusivitas Ekonomi

“Membedakan kebutuhan dan keinginan akan membantu anak muda sadar prioritas, terutama saat mengambil keputusan finansial. Keputusan ini nantinya berdampak pada kehidupan jangka panjang,” jelas  Ligwina Hananto, CEO and Lead Financial Trainer QM Financial.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sejalan dengan pendapat Ligwina, MR.D.I.Y. ingin mengingatkan bahwa berbelanja bukan sekadar mengikuti tren, tetapi juga bagian penting dari pengelolaan finansial yang sehat. Dengan membiasakan diri memilih barang yang benar-benar dibutuhkan, anak muda bisa tetap tampil relevan tanpa harus terjebak impulsive buying atau keborosan.

“Dampak jangka panjang dari impulsive buying biasanya membuat seseorang kesulitan mempertahankan gaya hidup sesuai keinginan. Saat uang habis tanpa perhitungan, dana untuk masa depan pun terkikis. Anak muda bisa menghindarinya dengan menunda pembelian barang yang hanya keinginan sesaat dan fokus pada nilai guna jangka panjang,” tambah Ligwina.

Dalam menjaga finansial tetap terjaga dengan sehat, memutuskan berbelanja kebutuhan sehari-hari menjadi salah satu hal yang penting. MR.D.I.Y. Indonesia bisa menjadi solusi bagi generasi muda yang ingin memenuhi kebutuhan tanpa harus menguras kantong. Melalui ribuan pilihan produk fungsional yang relevan dengan keseharian, mulai dari perlengkapan rumah tangga, kebutuhan belajar dan kerja, hingga barang gaya hidup, MR.D.I.Y. dapat membantu anak muda berbelanja secara lebih cerdas, hemat, dan bijak secara finansial.

Ligwina menambahkan, “Skill berbelanja cerdas adalah salah satu skill penting yang harus dimiliki sejak muda. Hal ini dapat membantu masyarakat memilih barang berkualitas yang hemat dalam jangka panjang dibanding membeli barang murah yang cepat rusak. Seperti contoh, bisa berbelanja di ritel yang memberikan beragam kategori produk dengan harga terjangkau seperti MR.D.I.Y.” jelasnya.

Oleh karena itu, MR.D.I.Y. Indonesia dan Ligwina juga memberikan beberapa tips praktis untuk mengelola dorongan belanja impulsif:

  1. Buat Daftar Kebutuhan Sebelum Belanja
    Tentukan barang apa yang benar-benar dibutuhkan, sehingga setiap keputusan belanja lebih terarah dan tidak boros.
  2. Tunda Pembelian untuk Barang yang Hanya Diinginkan Sesaat
    Jika merasa ingin membeli sesuatu karena tren, beri waktu beberapa hari untuk menilai apakah barang itu benar-benar penting.
  3. Fokus pada Nilai Guna dan Manfaat Jangka Panjang
    Pilih barang yang bisa digunakan berkali-kali atau mendukung produktivitas, daripada barang viral yang cepat usang.
  4. Pahami Gaya Belanja dan PrinsipValue for Money
    Setiap orang memiliki gaya berbeda: ada yang lebih fokus kuantitas (banyak barang murah) dan ada yang lebih mengutamakan kualitas (siap bayar lebih untuk produk awet). Yang terpenting, pastikan harga dan kualitas seimbang dan sesuai kebutuhan.
  5. Gunakan Belanja Cerdas untuk Latihan Literasi Keuangan
    Setiap keputusan berbelanja bisa menjadi pelajaran finansial. Dengan memilih produk tepat guna, anak muda bisa mulai membentuk kebiasaan mengelola uang secara sehat sejak dini.

“Selaras dengan prinsip literasi finansial, setiap keputusan kecil dapat berdampak besar terhadap kesehatan keuangan di masa depan. MR.D.I.Y. memahami bahwa penerapan prinsip value for money dan mengenali gaya belanja masing-masing merupakan langkah penting agar setiap pengeluaran mendukung tujuan finansial jangka panjang. Oleh karena itu, kami berharap generasi muda dapat menjadikan belanja sebagai bagian dari gaya hidup yang cerdas, hemat, dan berdampak positif terhadap kesehatan finansial.” tutup Edwin Cheah, Direktur Utama MR.D.I.Y. Indonesia. (rls/sh)

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Binomedia.id


Tags: MR.D.I.Y. Indonesia
Shanty. A

Shanty. A

Related Posts

CAFE KISSA
Bisnis

Café Kissa x Lancôme: A Pink Holiday

by Shanty. A
3 hari ago
PCS
Bisnis

PCS 2025 Berakhir Sukses, Tegaskan Indonesia sebagai Magnet Industri Cat dan Pelapis Asia-Pasifik

by Shanty. A
4 hari ago
Maxim Indonesia
Bisnis

Maxim Indonesia Gelar Dialog Lintas Kementerian, Bahas Sinergi Ekosistem Transportasi Digital dan Inklusivitas Ekonomi

by Shanty. A
4 hari ago
BLU DIGITAL
Bisnis

Gaspol Aktivitas Tanpa Was-Was! bluInsurance Sediakan Asuransi Digital, Mulai dari Harga Ngopi 

by Shanty. A
5 hari ago
Artotel Wanderlust
Bisnis

Artotel Wanderlust Luncurkan Program “Semarak Akhir Tahun 2025” Bernuansa Budaya Indonesia

by Shanty. A
6 hari ago
Oakwood Suites La Maison Jakarta
Bisnis

Rayakan Akhir Tahun, Oakwood Suites La Maison Jakarta Tawarkan Pengalaman Menginap Premium

by Shanty. A
6 hari ago
Next Post
Robi Syianturi

Robi Syianturi Kembali Pertajam Rekor Nasional Half Marathon di Casablanca Marathon 2025

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi

Festival Teater Indonesia

Festival Teater Indonesia 2025 Tutup Rangkaian di Jakarta, Hadirkan Pementasan Gratis dari Lima Daerah

15 Desember 2025
AQUA Elektronik

AQUA Elektronik Gandeng Tianlala Hadirkan Program “Scratch & Win” hingga Akhir 2025

15 Desember 2025
RUMAH 123

Akhir 2025 Tunjukkan Pergeseran Tren: Konsumen Fokus pada Kawasan Mobilitas Tinggi

15 Desember 2025
OH!SOME

10 Rekomendasi Kado Natal dan Tahun Baru Dari OH!SOME

15 Desember 2025
Polytron

Polytron Kembangkan Portable Fast Charger Lokal Pertama untuk Motor Listrik

15 Desember 2025
Suasana Rapat Pimpinan Nasional Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional 2025. (Dok. Istimewa)

Rapimnas ABPEDNAS 2025 Konsolidasikan Kepemimpinan BPD dan Tegaskan Arah Pembangunan Desa Berkelanjutan

13 Desember 2025

Berita Terpopuler

  • Susunan Media Filter Aquarium, Jamin Jernih

    Susunan Media Filter Aquarium, Jamin Jernih

    5047 shares
    Share 2018 Tweet 1261
  • Kumpul Seru, Gaya Baru: IKEA Ajak Keluarga Menikmati Inspirasi Dekorasi dan Menu Akhir Tahun

    495 shares
    Share 198 Tweet 124
  • Rapimnas ABPEDNAS 2025 Konsolidasikan Kepemimpinan BPD dan Tegaskan Arah Pembangunan Desa Berkelanjutan

    494 shares
    Share 198 Tweet 124
  • Maxim Indonesia Gelar Dialog Lintas Kementerian, Bahas Sinergi Ekosistem Transportasi Digital dan Inklusivitas Ekonomi

    493 shares
    Share 197 Tweet 123
  • Café Kissa x Lancôme: A Pink Holiday

    493 shares
    Share 197 Tweet 123
Shortcode field is empty!
Binomedia

Copyright © 2023 Binomedia. Supported Matek

Navigate Site

  • HOME
  • About us
  • Copyright
  • Privacy Policy
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Contact Us

Follow Us

Welcome Back!

Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Google
OR

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling

Copyright © 2023 Binomedia. Supported Matek