• Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
Kamis, 6 November 2025
  • Login
  • Register
Binomedia
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
No Result
View All Result
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
No Result
View All Result
Binomedia
No Result
View All Result
Home Bisnis

Riset Tokopedia dan INDEF: Penjualan UMKM Lokal di Kota dengan Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Meningkat 147%

Beto by Beto
17 Desember 2022
in Bisnis
A A
0
Riset Tokopedia dan INDEF: Penjualan UMKM Lokal di Kota dengan Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Meningkat 147%
WhatsappFacebookTelegramTwitter

Binomedia.id – Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, UMKM telah berkontribusi Rp8.547 triliun terhadap PDB Indonesia. Kontribusi UMKM lokal terhadap PDB pun tercatat meningkat dari tahun ke tahun hingga mencapai 60,3% pada 2019. Pemerintah di sisi lain menargetkan pertumbuhan wirausaha di Indonesia sebesar 4% pada 2024.

“UMKM lokal juga memegang peranan dalam peningkatan ekonomi digital, namun aktivitas ekonomi digital Indonesia saat ini masih terpusat di kota-kota besar. Sebagai gambaran, Jakarta menyumbang 17% terhadap PDB Indonesia,” jelas AVP of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho.

“Dibutuhkan sinergi dari semua pihak untuk membantu UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang, serta berkontribusi terhadap perekonomian. Hal ini yang melatarbelakangi Tokopedia menghadirkan inisiatif Hyperlocal sejak 2020,” kata Trian.

Baca Juga : Berkebun Menjadi Salah Satu Hobi Baru yang Marak Sejak Pandemi Simak 4 Tipsnya versi Tokopedia

Riset yang dilakukan Tokopedia bersama Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) berjudul ‘Analisis Dampak Program Hyperlocal Tokopedia terhadap Kondisi Bisnis Penjualan secara Daring, Ekonomi, dan Sosial Kota-Kabupaten Program Hyperlocal’, membuktikan kontribusi inisiatif Hyperlocal Tokopedia untuk perekonomian digital di berbagai daerah.

RelatedPosts

Indosat Ooredoo Hutchison Raih Penghargaan Internasional Stevie Awards 2025, Dinobatkan Sebagai “Employer of the Year”

Jalin Perkuat Infrastruktur Sistem Pembayaran Nasional di FEKDI x IFSE 2025

ASTON Bintaro Gelar Zumba Fun Session Bersama FITHUB: Seru, Sehat, dan Penuh Energi!

Tokopedia Bisnis

Advertisement. Scroll to continue reading.

Inisiatif Hyperlocal mengusung teknologi geo tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada, agar pembeli bisa mendapatkan produk kebutuhan yang lebih beragam dengan lebih cepat dan efisien, serta UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh (tanpa harus pindah ke kota besar). Contoh manifestasi: layanan pemenuhan pesanan ‘Dilayani Tokopedia’, halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokal pembeli ‘Kumpulan Toko Pilihan’, digitalisasi pasar tradisional, dan festival belanja bulanan ‘Waktu Indonesia Belanja/WIB Lokal’.

Hyperlocal Dongkrak Penjualan dan Jaga Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Peneliti INDEF, Nailul Huda, menjelaskan, “Rerata indeks penjualan di kota dengan Hyperlocal Tokopedia meningkat 147% pada 2020-2021 dibandingkan 2017-2019. Surabaya, Bandung dan Yogyakarta menjadi tiga kota dengan Hyperlocal Tokopedia yang memiliki indeks penjualan dan indeks omzet penjualan paling tinggi.”

Surabaya mengalami peningkatan indeks penjualan dan index omzet penjualan masing-masing sebesar 194% dan 85%, Bandung 27% dan 100%, sedangkan Yogyakarta 148% dan 64%.

Baca Juga : Digitalisasi Menjadi Salah Satu Fokus Dalam Transformasi BRIVolution 2.0

Riset ini juga menunjukkan rerata indeks penjualan di kota dengan Hyperlocal lebih besar 5 kali lipat dibandingkan kota tanpa Hyperlocal pada 2017-2021. Sedangkan indeks omzet penjualan di kota dengan Hyperlocal meningkat 67% pada periode 2020-2021 dibandingkan 2017-2019.

“Di sisi lain, riset ini memotret kenaikan persentase pertumbuhan ekonomi yang positif di berbagai kota dengan Hyperlocal Tokopedia, yang turut berkontribusi menjaga pertumbuhan dan pemulihan ekonomi di tengah pandemi. Surabaya (4,29%), Yogyakarta (5,09%) dan Semarang (5,16%) menjadi kota dengan kenaikan persentase pertumbuhan ekonomi tertinggi dari 2020-2021,” jelas Huda.

Sepanjang 2019-2021, rerata persentase pertumbuhan ekonomi di kota tanpa Hyperlocal tercatat sebesar 1,26%, sedangkan di kota dengan Hyperlocal Tokopedia angkanya lebih tinggi, yaitu 2,78%.

Hyperlocal Tokopedia Tahan Laju Peningkatan Pengangguran dan Kemiskinan

“Inisiatif Hyperlocal Tokopedia mampu menahan peningkatan pengangguran agar tidak naik terlalu tajam imbas dari kondisi pandemi Covid-19. Secara statistik, inisiatif Hyperlocal Tokopedia mampu menahan laju peningkatan pengangguran,” papar Huda.

Baca Juga : PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) BRI Jadi BUMN Dengan Kontribusi Dividen & Pajak Terbaik

Hadirnya inisiatif Hyperlocal Tokopedia juga membuat kota-kota dengan Hyperlocal memiliki tingkat kemiskinan yang lebih rendah sebesar 0,14% dibandingkan kota-kota tanpa Hyperlocal. Surabaya, Semarang dan Medan menjadi kota dengan tingkat penurunan kemiskinan terbesar setelah adanya program Hyperlocal.

Hyperlocal Perluas Penetrasi Penjual dan Pembeli di Berbagai Kota

“Mengusung teknologi geo-tagging, Hyperlocal telah memperluas cakupan transaksi penjual, mempermudah masyarakat menemukan toko terdekat, membuat transaksi lebih efisien karena ongkir lebih hemat, dan peningkatan eksposur UMKM lokal dengan potensi penjualan yang besar,” jelas Trian.

Membandingkan data 2017-2019 dengan 2020-2021, Tokopedia dan INDEF mencatat, kota dengan peningkatan indeks jumlah penjual tertinggi, yaitu Surabaya (48%), Bandung (65%), dan Yogyakarta (67%). Sedangkan kota dengan peningkatan indeks jumlah pembeli tertinggi mencakup Bandung (122%), Yogyakarta (142%) dan Surabaya (154%).

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Binomedia.id


Tags: kemenkopukmTokopedia
Beto

Beto

Binomedia.id merupakan platform Bisnis Inovasi Media yang melayani produk informasi dan pemberitaan bernilai positif kepada masyarakat untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang hadir menyajikan informasi-informasi bermanfaat serta terpercaya untuk mengakomodir kepentingan dan kebutuhan para pembacanya.

Related Posts

Indosat Ooredoo Hutchison
Bisnis

Indosat Ooredoo Hutchison Raih Penghargaan Internasional Stevie Awards 2025, Dinobatkan Sebagai “Employer of the Year”

by Shanty. A
7 jam ago
JALIN
Bisnis

Jalin Perkuat Infrastruktur Sistem Pembayaran Nasional di FEKDI x IFSE 2025

by Shanty. A
5 hari ago
ASTON Bintaro
Bisnis

ASTON Bintaro Gelar Zumba Fun Session Bersama FITHUB: Seru, Sehat, dan Penuh Energi!

by Shanty. A
7 hari ago
MR.D.I.Y
Bisnis

MR.D.I.Y. Dorong Gaya Hidup Belanja Cerdas di Kalangan Generasi Muda

by Shanty. A
1 minggu ago
HARRIS Puri Mansion
Bisnis

HARRIS Puri Mansion Rayakan Ulang Tahun ke-5 Lewat “Cheers to 5 Years: Stronger and Brighter”, Wujud Apresiasi untuk Mitra Korporat

by Shanty. A
1 minggu ago
GOLF
Bisnis

Jelajahi “Surga Golf” Interaktif: Main Gratis di Simulator, Belajar dari Pro, Borong Gear Diskon, hingga Jaringan Bisnis

by Shanty. A
2 minggu ago
Next Post
Dorong UMKM Go Global, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 Catat Deal Business Matching Rp1,2 Triliun

Dorong UMKM Go Global, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 Catat Deal Business Matching Rp1,2 Triliun

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi

SRAVA

Strava Rekam Semangat dan Kekuatan Para Pelari di Jakarta Running Festival 2025

6 November 2025
TV SAMSUNG

TV Samsung Layar Besar, Hiburan Lebih Puas dan Bermakna

6 November 2025
Indosat Ooredoo Hutchison

Indosat Ooredoo Hutchison Raih Penghargaan Internasional Stevie Awards 2025, Dinobatkan Sebagai “Employer of the Year”

6 November 2025
HUAWEI FreeBuds SE 4 ANC

HUAWEI FreeBuds SE 4 ANC: TWS Premium dengan ANC hingga 50DB, Kini Tersedia Secara Eksklusif Online dengan Harga IDR 359 Ribu

5 November 2025
POCO C85

POCO C85: RAM 16GB, Baterai 6.000 mAh Siap Jadi Si Paling Nyampe ala Player FFWS!

5 November 2025
barenbliss

barenbliss Hadirkan Pesona Mewah pada bibir dengan Koleksi ‘Aura Mood’: Crush at First Swipe, Tahan Lama Hingga 36 Jam!

4 November 2025

Berita Terpopuler

  • ZAP Clinic

    Wow Siapa Sangka “Botox” Dapat Atasi Ketiak Mudah Berkeringat, Basah dan Berbau, Lho!

    522 shares
    Share 209 Tweet 131
  • Kaspersky Memperingatkan Risiko Pembuatan Kata Sandi Oleh AI

    500 shares
    Share 200 Tweet 125
  • Pentingnya Dukungan Ayah Sukseskan Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Ekslusif Kepada Anak

    502 shares
    Share 201 Tweet 126
  • Kisi-kisi Evolusi Fitur AI, Akan Hadir di Device Galaxy Flagship Terbaru! 

    498 shares
    Share 199 Tweet 125
  • Komitmen Terhadap Pasar Indonesia, Botify Memperkenalkan Tim Indonesia Yang Berdedikasi

    500 shares
    Share 200 Tweet 125
Shortcode field is empty!
Binomedia

Copyright © 2023 Binomedia. Supported Matek

Navigate Site

  • HOME
  • About us
  • Copyright
  • Privacy Policy
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Contact Us

Follow Us

Welcome Back!

Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Google
OR

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling

Copyright © 2023 Binomedia. Supported Matek