• Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
Kamis, 16 Oktober 2025
  • Login
  • Register
Binomedia
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
No Result
View All Result
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
No Result
View All Result
Binomedia
No Result
View All Result
Home Bisnis

Studi Terbaru Traveloka Ungkap Pergeseran Tren Pariwisata di Asia Pasifik

Shanty. A by Shanty. A
17 Desember 2024
in Bisnis
A A
0
traveloka
WhatsappFacebookTelegramTwitter

binomedia.id – Jakarta. Traveloka, platform perjalanan terdepan di Asia Tenggara, bersama YouGov, merilis studi terbaru berjudul “Travel Redefined: Understanding and Catering to the Diverse Needs of APAC Travellers” yang melibatkan hampir 12.000 responden di sembilan negara, termasuk lebih dari 2.000 responden yang berasal dari Indonesia. Studi ini menunjukkan beragam kebiasaan dan preferensi perjalanan yang terus berevolusi dan membentuk lanskap pariwisata di Asia Pasifik, serta menyajikan panduan praktis untuk mengantisipasi tren dan menciptakan pengalaman perjalanan yang bermakna pada tahun 2025 dan seterusnya.

“Asia Pasifik menawarkan banyak peluang, namun keragamannya menuntut kreativitas dan pemahaman yang mendalam. Para pelaku industri harus memahami kebutuhan unik dari market yang dinamis ini agar dapat terus berkembang dalam lanskap pariwisata yang terus berubah. Karenanya, kunci kesuksesan untuk memberikan pengalaman yang dicari para travellers adalah dengan menuangkan insights dari studi ini ke dalam strategi yang inovatif, ujar Caesar Indra, President, Traveloka.

Petualangan alam jadi yang paling dicari oleh travellers Indonesia

Studi ini mengungkap bahwa 39% travellers di Indonesia ingin berlibur untuk mengunjungi tempat-tempat atraksi wisata. Wisata alam menjadi daya tarik utama, dengan 75% travellers lebih memilih berlibur ke destinasi alam seperti pegunungan dan taman nasional, lalu pantai dan daerah pesisir (65%), disusul tempat bersejarah atau budaya seperti museum atau istana (37%).

RelatedPosts

WINGS Care Luncurkan Happily: Popok Celana Dewasa 3in1 Pertama di Indonesia, Wujudkan Lansia Aktif dan Bahagia di Usia Emas

Harga Emas Sentuh Rekor Tertinggi US$4.000, Saatnya Punya Emas Digital LAKUEMAS

PRO AVL Indonesia 2025 Resmi Dibuka, Pameran Internasional Perkuat Inovasi Industri Audio, Visual, dan Musik Tanah Air

Temuan ini juga menggarisbawahi bahwa daya tarik Indonesia didorong oleh keragaman geografisnya sebagai negara kepulauan. Dibanding negara-negara lain seperti Jepang, di mana 62% travellers-nya memilih wisata sejarah dan budaya, preferensi masyarakat Indonesia menunjukkan rasa cinta yang besar terhadap aktivitas outdoor dan keindahan alam.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Perjalanan domestik jadi pilihan terdepan

Di seluruh kawasan Asia Pasifik, perjalanan domestik menjadi faktor pendorong utama pemulihan industri pariwisata, termasuk di Indonesia. 70% travellers lebih memilih untuk berlibur di dalam negeri karena faktor kenyamanan dan harga yang lebih terjangkau, membuat destinasi-destinasi seperti Bali, Lombok, dan Yogyakarta semakin populer. Hal ini menandakan kota-kota di Indonesia semakin memiliki daya tarik di mata travellers.

Pengaruh harga terhadap pengambilan keputusan

Seperti halnya di sebagian besar kawasan Asia Pasifik, sensitivitas harga merupakan faktor penting bagi travellers Indonesia, dengan 46% responden menyebutkan bahwa harga terjangkau menjadi prioritas dalam memilih akomodasi. Selain itu, 34% wisatawan Indonesia dipengaruhi oleh promosi dan diskon saat memilih destinasi. Hal ini menunjukkan bagaimana biaya, termasuk penawaran menarik, dapat memengaruhi travellers untuk mempertimbangkan pergi ke destinasi yang biasanya tidak mereka pilih.

Meningkatnya platform perjalanan digital

Travellers Indonesia sangat mengandalkan media sosial (56%) dan platform perjalanan (53%) sebagai alat utama untuk merencanakan perjalanan. Hal ini mencerminkan kepercayaan mereka semakin meningkat terhadap platform seperti Traveloka, yang memudahkan proses booking dengan berbagai pilihan yang fleksibel. Jika dibandingkan dengan rata-rata hasil survei di kawasan Asia Pasifik yang menggunakan media sosial (42%) dan platform perjalanan (40%), data di Indonesia menunjukkan adanya engagement konsumen yang lebih tinggi dalam menggunakan alat digital, menandakan adopsi dan konektivitas digital yang kuat di Tanah Air.

Perjalanan berkelanjutan semakin banyak dipilih

86% travellers Indonesia mempertimbangkan nilai keberlanjutan dalam merencanakan liburan, lebih tinggi dari rata-rata regional (80%). Hal ini menjadi peluang besar bagi para penyedia layanan perjalanan berkelanjutan, seperti akomodasi ramah lingkungan dan inisiatif green tourism, untuk menarik minat travellers di Indonesia.

Versi lengkap dari studi Traveloka “Travel Redefined: Understanding and Catering to the Diverse Needs of APAC Travellers” dapat di-download di sini. (sh)

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Binomedia.id


Tags: Traveloka
Shanty. A

Shanty. A

Related Posts

WINGS Care
Bisnis

WINGS Care Luncurkan Happily: Popok Celana Dewasa 3in1 Pertama di Indonesia, Wujudkan Lansia Aktif dan Bahagia di Usia Emas

by Shanty. A
2 hari ago
LAKUEMAS
Bisnis

Harga Emas Sentuh Rekor Tertinggi US$4.000, Saatnya Punya Emas Digital LAKUEMAS

by Shanty. A
2 hari ago
PRO AVL Indonesia
Bisnis

PRO AVL Indonesia 2025 Resmi Dibuka, Pameran Internasional Perkuat Inovasi Industri Audio, Visual, dan Musik Tanah Air

by Affandy
1 minggu ago
Panasonic
Bisnis

Panasonic Perkuat Industri Manufaktur Indonesia Lewat Teknologi Welding dan Pusat Inovasi SIC

by Editor : Fadhil
1 minggu ago
Suasana rapat Perisai Syarikat Islam saat pembentukan Koperasi Perisai SI. (Dok. Istimewa)
Bisnis

Perkuat Ekonomi Umat, Menteri Koperasi dan Aditya Yusma Beri Arahan dalam Rapat Pembentukan Koperasi Perisai SI

by Muhammad Fadhli
1 minggu ago
K Mall
Bisnis

Fragments of The Tree of Life: Kolaborasi K Mall x Yessiow Hadir di Art Jakarta 2025

by Shanty. A
1 minggu ago
Next Post
telkom

PT Telkom Infrastruktur Indonesia&MyRepublic Kerjasama Hadirkan Internet Berkualitas

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi

Inungsky kampanyekan kejujuran dalam berkarya lewat rilis lagu perdana Langit Biru. (Dok. Istimewa)

Inungsky Rilis Single Perdana “Langit Biru”, Simbol Keberanian dan Kejujuran Seorang Musisi

16 Oktober 2025
Mobil Terbang Xpeng

Era Mobil Terbang Dimulai, Xpeng Bangun Pabrik Baru di Guangzhou

15 Oktober 2025
DGX Spark

Jensen Huang Serahkan DGX Spark ke Elon Musk: Awal Era Baru Superkomputer AI Desktop

14 Oktober 2025
IKEA

IKEA Indonesia Rayakan Ulang Tahun ke-11, Ajak Pelanggan Dengan Penawaran Khusus untuk Aggota IKEA Family

14 Oktober 2025
Jangan Panggil Mama Kafir

Jangan Panggil Mama Kafir: Kisah Ibu Non-Muslim yang Membesarkan Anak dalam Ajaran Islam

14 Oktober 2025
WINGS Care

WINGS Care Luncurkan Happily: Popok Celana Dewasa 3in1 Pertama di Indonesia, Wujudkan Lansia Aktif dan Bahagia di Usia Emas

14 Oktober 2025

Berita Terpopuler

  • Susunan Media Filter Aquarium, Jamin Jernih

    Susunan Media Filter Aquarium, Jamin Jernih

    4969 shares
    Share 1987 Tweet 1242
  • IKEA Indonesia Rayakan Ulang Tahun ke-11, Ajak Pelanggan Dengan Penawaran Khusus untuk Aggota IKEA Family

    495 shares
    Share 198 Tweet 124
  • Mal Ciputra Jakarta Sambut Kembali Food Destination dengan Tenant Pilihan Terbaik dan Desain Modern

    494 shares
    Share 198 Tweet 124
  • Perdays bermitra dengan Halodoc untuk mengembangkan solusi suplemen zat besi ilmiah

    495 shares
    Share 198 Tweet 124
  • MR.D.I.Y. Indonesia dan T.CARE Tingkatkan Edukasi dan Kapasitas Komunitas Bank Sampah di Jabodetabek Melalui Program “Waste to Empower”

    493 shares
    Share 197 Tweet 123
Shortcode field is empty!
Binomedia

Copyright © 2023 Binomedia. Supported Matek

Navigate Site

  • HOME
  • About us
  • Copyright
  • Privacy Policy
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Contact Us

Follow Us

Welcome Back!

Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Google
OR

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling

Copyright © 2023 Binomedia. Supported Matek