• Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
Rabu, 3 Desember 2025
  • Login
  • Register
Binomedia
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
No Result
View All Result
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
No Result
View All Result
Binomedia
No Result
View All Result
Home Bisnis

Studi Terbaru Traveloka Ungkap Pergeseran Tren Pariwisata di Asia Pasifik

Shanty. A by Shanty. A
17 Desember 2024
in Bisnis
A A
0
traveloka
WhatsappFacebookTelegramTwitter

binomedia.id – Jakarta. Traveloka, platform perjalanan terdepan di Asia Tenggara, bersama YouGov, merilis studi terbaru berjudul “Travel Redefined: Understanding and Catering to the Diverse Needs of APAC Travellers” yang melibatkan hampir 12.000 responden di sembilan negara, termasuk lebih dari 2.000 responden yang berasal dari Indonesia. Studi ini menunjukkan beragam kebiasaan dan preferensi perjalanan yang terus berevolusi dan membentuk lanskap pariwisata di Asia Pasifik, serta menyajikan panduan praktis untuk mengantisipasi tren dan menciptakan pengalaman perjalanan yang bermakna pada tahun 2025 dan seterusnya.

“Asia Pasifik menawarkan banyak peluang, namun keragamannya menuntut kreativitas dan pemahaman yang mendalam. Para pelaku industri harus memahami kebutuhan unik dari market yang dinamis ini agar dapat terus berkembang dalam lanskap pariwisata yang terus berubah. Karenanya, kunci kesuksesan untuk memberikan pengalaman yang dicari para travellers adalah dengan menuangkan insights dari studi ini ke dalam strategi yang inovatif, ujar Caesar Indra, President, Traveloka.

Petualangan alam jadi yang paling dicari oleh travellers Indonesia

Studi ini mengungkap bahwa 39% travellers di Indonesia ingin berlibur untuk mengunjungi tempat-tempat atraksi wisata. Wisata alam menjadi daya tarik utama, dengan 75% travellers lebih memilih berlibur ke destinasi alam seperti pegunungan dan taman nasional, lalu pantai dan daerah pesisir (65%), disusul tempat bersejarah atau budaya seperti museum atau istana (37%).

RelatedPosts

Emira E. Oepangat Resmi Jabat Direktur Eksekutif AAJI Mulai 1 Desember 2025

AAJI Gelar HR Summit 2025: Kupas Peran Budaya, AI, dan Transformasi SDM dalam Masa Depan Industri Asuransi Jiwa

Mi Burung Dara Tegaskan Dukungan terhadap Program MBG, Gandeng ICA untuk Kawal Standar Gizi dan Keamanan Pangan Nasional

Temuan ini juga menggarisbawahi bahwa daya tarik Indonesia didorong oleh keragaman geografisnya sebagai negara kepulauan. Dibanding negara-negara lain seperti Jepang, di mana 62% travellers-nya memilih wisata sejarah dan budaya, preferensi masyarakat Indonesia menunjukkan rasa cinta yang besar terhadap aktivitas outdoor dan keindahan alam.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Perjalanan domestik jadi pilihan terdepan

Di seluruh kawasan Asia Pasifik, perjalanan domestik menjadi faktor pendorong utama pemulihan industri pariwisata, termasuk di Indonesia. 70% travellers lebih memilih untuk berlibur di dalam negeri karena faktor kenyamanan dan harga yang lebih terjangkau, membuat destinasi-destinasi seperti Bali, Lombok, dan Yogyakarta semakin populer. Hal ini menandakan kota-kota di Indonesia semakin memiliki daya tarik di mata travellers.

Pengaruh harga terhadap pengambilan keputusan

Seperti halnya di sebagian besar kawasan Asia Pasifik, sensitivitas harga merupakan faktor penting bagi travellers Indonesia, dengan 46% responden menyebutkan bahwa harga terjangkau menjadi prioritas dalam memilih akomodasi. Selain itu, 34% wisatawan Indonesia dipengaruhi oleh promosi dan diskon saat memilih destinasi. Hal ini menunjukkan bagaimana biaya, termasuk penawaran menarik, dapat memengaruhi travellers untuk mempertimbangkan pergi ke destinasi yang biasanya tidak mereka pilih.

Meningkatnya platform perjalanan digital

Travellers Indonesia sangat mengandalkan media sosial (56%) dan platform perjalanan (53%) sebagai alat utama untuk merencanakan perjalanan. Hal ini mencerminkan kepercayaan mereka semakin meningkat terhadap platform seperti Traveloka, yang memudahkan proses booking dengan berbagai pilihan yang fleksibel. Jika dibandingkan dengan rata-rata hasil survei di kawasan Asia Pasifik yang menggunakan media sosial (42%) dan platform perjalanan (40%), data di Indonesia menunjukkan adanya engagement konsumen yang lebih tinggi dalam menggunakan alat digital, menandakan adopsi dan konektivitas digital yang kuat di Tanah Air.

Perjalanan berkelanjutan semakin banyak dipilih

86% travellers Indonesia mempertimbangkan nilai keberlanjutan dalam merencanakan liburan, lebih tinggi dari rata-rata regional (80%). Hal ini menjadi peluang besar bagi para penyedia layanan perjalanan berkelanjutan, seperti akomodasi ramah lingkungan dan inisiatif green tourism, untuk menarik minat travellers di Indonesia.

Versi lengkap dari studi Traveloka “Travel Redefined: Understanding and Catering to the Diverse Needs of APAC Travellers” dapat di-download di sini. (sh)

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Binomedia.id


Tags: Traveloka
Shanty. A

Shanty. A

Related Posts

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)
Bisnis

Emira E. Oepangat Resmi Jabat Direktur Eksekutif AAJI Mulai 1 Desember 2025

by Shanty. A
19 jam ago
Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)
Bisnis

AAJI Gelar HR Summit 2025: Kupas Peran Budaya, AI, dan Transformasi SDM dalam Masa Depan Industri Asuransi Jiwa

by Shanty. A
3 hari ago
Perkembangan Indikatorn Stabilitas Nilai Rupiah
Bisnis

Simak… Perkembangan Indikator Stabilitas Nilai Rupiah

by Indra
3 tahun ago
Mi Burung Dara
Bisnis

Mi Burung Dara Tegaskan Dukungan terhadap Program MBG, Gandeng ICA untuk Kawal Standar Gizi dan Keamanan Pangan Nasional

by Shanty. A
1 minggu ago
BRI
Bisnis

Inovasi Pembayaran BRI: QRIS BRImo Kini Power-Up Sogo, Transaksi Cepat, Aman, dan Berhadiah Cashback! 

by Shanty. A
1 minggu ago
Indosat Ooredoo Hutchison
Bisnis

Indosat dan Kemendiktisaintek Percepat Transformasi Pendidikan Lewat Indonesia AI Day for Higher Education

by Shanty. A
1 minggu ago
Next Post
telkom

PT Telkom Infrastruktur Indonesia&MyRepublic Kerjasama Hadirkan Internet Berkualitas

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi

anadrol 50 precio 30

2 Desember 2025
Mal Ciputra Jakarta

Mal Ciputra Jakarta Gelar Pengundian “32ND SHOPPING SURPRIZE” dengan Hadiah Mobil, Motor, iPhone dan Logam Mulia untuk Member CL Club

2 Desember 2025
Aston Bintaro Hotel & Conference Center

Aston Bintaro Rayakan Hari Anak Sedunia dengan Berbagi Cookies dan Balon untuk Tamu Cilik

2 Desember 2025
Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)

Emira E. Oepangat Resmi Jabat Direktur Eksekutif AAJI Mulai 1 Desember 2025

2 Desember 2025
MAGMA Entertainment

MAGMA Entertainment Buka JAFF Market 2025 dengan “Power Move” Industri: Ungkap Future Slate hingga Trailer Eksklusif *Badut Gendong

1 Desember 2025
MAGMA Entertainment

MAGMA Entertainment & Bumilangit Umumkan Film Si Buta dari Gua Hantu: Mata Malaikat di JAFF Market 2025

1 Desember 2025

Berita Terpopuler

  • Susunan Media Filter Aquarium, Jamin Jernih

    Susunan Media Filter Aquarium, Jamin Jernih

    5029 shares
    Share 2011 Tweet 1257
  • Festival Teater Indonesia 2025 Hadir di Empat Kota, Libatkan 20 Kelompok Seni dari Seluruh Nusantara

    494 shares
    Share 198 Tweet 124
  • MAGMA Entertainment Buka JAFF Market 2025 dengan “Power Move” Industri: Ungkap Future Slate hingga Trailer Eksklusif *Badut Gendong

    494 shares
    Share 198 Tweet 124
  • Urban Wildering & Jakarta Bird Race 2025 Mengajak Warga Menemukan Kembali Alam di Tengah Kota

    494 shares
    Share 198 Tweet 124
  • PPHA Jakarta Gelar Deklarasi Hari AIDS Sedunia 2025 di Patung Jenderal Sudirman

    494 shares
    Share 198 Tweet 124
Shortcode field is empty!
Binomedia

Copyright © 2023 Binomedia. Supported Matek

Navigate Site

  • HOME
  • About us
  • Copyright
  • Privacy Policy
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Contact Us

Follow Us

Welcome Back!

Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Google
OR

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling

Copyright © 2023 Binomedia. Supported Matek