• Latest
  • Trending
  • All

Tokopedia Dongkrak Penjualan Hingga Berkali Lipat Untuk Berbagai Kategori Produk Selama Ramadan

26 April 2024
Janice Felicia, anak down syndrome berusia 15 tahun garap mini album lagu perdana. (Dok. Istimewa)

Janice Felicia Garap Mini Album “Aku dan Kamu Bisa”, Buktikan Anak Down Syndrome Juga Bisa Bersinar

26 September 2025
IKEA INDONESIA

Menata Rumah, Menata Hidup: IKEA Indonesia Dukung Gaya Hidup Lebih Tertata dan Bermakna

25 September 2025
Snapdragon 8 Elite Gen 5,

Snapdragon 8 Elite Gen 5, Mobile System-on-a-Chip Tercepat di Dunia, Hadirkan Pengalaman Baru bagi Konsumen dan Menggebrak Standar Baru Industri Teknologi

25 September 2025
AICE

Tujuh Tahun Berturut, Aice Tetap Konsisten Memenangkan Top Brand Award dan Top Brand for Kids Award 2025

25 September 2025
Film Tumbal Darah

Trailer dan Poster Film Tumbal Darah Dirilis: Horor-Aksi Brutal di Rumah Bersalin Penjemput Maut, Tayang 23 Oktober!

25 September 2025
Panasonic Gobel Indonesia

Panasonic Gobel Indonesia Raih Penghargaan “Indonesia Most Reputable Companies Awards 2025”

25 September 2025
Dr. Nurhayati Ali Assegaf, Presiden Nuraa Women’s Institute yang mendorong partisipasi perempuan dalam dunia politik. (Dok. Istimewa)

Nurhayati Ali Assegaf Jauhkan Diri dari Politik Nasional untuk Fokus Cetak Perempuan Berkelas Global

24 September 2025
HUAWEI WATCH GT 6

Huawei Resmi Merilis HUAWEI WATCH GT 6 Secara Global di Paris

24 September 2025
mirae asset

Mirae Asset: Pelaku Pasar Masih Mencermati Kebijakan Menkeu Baru

23 September 2025
The Hermitage Jakarta

Rayakan Festival Musim Gugur dengan Mooncake Eksklusif “Celestial Harmony” dari The Hermitage Jakarta

23 September 2025
Air Mata di Ujung Sajadah 2

Sekuel Film Keluarga Menyentuh Air mata di Ujung Sajadah, Akan di Bawa Kemana Cerita Air Mata di Ujung Sajadah 2?

23 September 2025
The Hermitage Hotel Jakarta

Nikmati Promo “Cita Rasa Express Lunch” di 1928 Restaurant, The Hermitage Hotel Jakarta

23 September 2025
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
Jumat, 26 September 2025
  • Login
  • Register
Binomedia
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
No Result
View All Result
Binomedia
No Result
View All Result
Home Bisnis

Tokopedia Dongkrak Penjualan Hingga Berkali Lipat Untuk Berbagai Kategori Produk Selama Ramadan

RENATA by RENATA
26 April 2024
in Bisnis
A A
0
WhatsappFacebookTelegramTwitter
screenshot 2024 04 26 14 38 35 73 e2d5b3f32b79de1d45acd1fad96fbb0f8863535448190389837 , , Binomedia

Binomedia.id, Jakarta– Momen Ramadan-Lebaran tahun 2024 telah menghadirkan peluang bisnis online yang lebih baik untuk para pelaku usaha di Indonesia, termasuk para pelaku usaha tergabung di Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia.

“Peluang dari momen Ramadan-Lebaran 2024 dimanfaatkan oleh Tokopedia dan TikTok untuk semakin gencar berkolaborasi demi menghadirkan banyak inisiatif, mulai dari Beli Lokal hingga Ramadan Ekstra Seru, yang dapat mendukung lebih dari 21 juta penjual di Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia, terutama brand lokal agar menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia,” ungkap E-Commerce Communications Director Shop | Tokopedia, Nuraini Razak.

“Kolaborasi tersebut membawa dampak yang positif pada tren belanja online masyarakat. Produk Groceries (produk-produk kebutuhan sehari-hari termasuk makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan diri serta masih banyak lagi), Rumah Tangga dan Fashion adalah beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024,” ungkap Nuraini.

Selain itu, Tokopedia mencatat beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024 di pulau Sumatra dan Jawa adalah Groceries, Rumah Tangga dan Fashion. Sedangkan di pulau Kalimantan, beberapa kategori yang terlaris adalah Elektronik, Groceries dan Rumah Tangga. Di sisi lain, di pulau Sulawesi, Tokopedia mencatat kategori yang laris manis adalah Groceries, Elektronik dan Fashion. Di pulau Papua, kategori Elektronik, Groceries serta Olahraga dan Hobi adalah beberapa kategori yang terlaris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024.

RelatedPosts

Tujuh Tahun Berturut, Aice Tetap Konsisten Memenangkan Top Brand Award dan Top Brand for Kids Award 2025

Panasonic Gobel Indonesia Raih Penghargaan “Indonesia Most Reputable Companies Awards 2025”

Mirae Asset: Pelaku Pasar Masih Mencermati Kebijakan Menkeu Baru

Sedangkan pada Shop Tokopedia dalam aplikasi TikTok, produk Fashion Muslim Perempuan, Skincare dan Makanan Ringan adalah beberapa kategori produk yang paling diburu masyarakat pada periode yang sama. Tokopedia dan TikTok melalui Shop Tokopedia merekap secara lebih detail dampak serta tren belanja online masyarakat Indonesia dari deretan inisiatif yang telah dilakukan selama Ramadan-Lebaran 2024.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kampanye ‘Ramadan Ekstra Seru’ dari Tokopedia dan Shop Tokopedia dongkrak penjualan hingga berkali lipat untuk produk berbagai kategori
“Sepanjang 23 Februari-5 April 2024, Tokopedia dan TikTok melalui Shop Tokopedia telah menghadirkan kampanye ‘Ramadan Ekstra Seru’ agar para penjual, terutama brand lokal, bisa mempromosikan dan menjual produknya di halaman khusus di Tokopedia, dan Shop Tokopedia di aplikasi TikTok. Masyarakat juga bisa mendapatkan pilihan produk lokal yang semakin beragam dengan lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan Ramadan hingga Lebaran,” tambah Nuraini.

Penjualan produk groceries dan elektronik masing-masing mengalami kenaikan penjualan hampir 2 kali lipat selama kampanye Ramadan Ekstra Seru berlangsung di Tokopedia sepanjang 23 Februari-5 April 2024 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sedangkan produk fesyen melonjak hampir 2,5 kali lipat,” jelas Nuraini.

Selain itu, TikTok melalui Shop | Tokopedia juga mencatat penjualan rata-rata pelaku usaha yang mengikuti kampanye Ramadan Ekstra Seru naik lebih dari 3 kali lipat dibandingkan rata-rata mingguan pada Februari 2024.

screenshot 2024 04 26 14 37 53 93 e2d5b3f32b79de1d45acd1fad96fbb0f324790801086640006 , , Binomedia
E-Commerce Communications Director Shop | Tokopedia (tengah), Nuraini Razak mengatakan TikTok melalui Shop | Tokopedia mencatat penjualan rata-rata pelaku usaha yang mengikuti kampanye Ramadan Ekstra Seru naik lebih dari 3 kali lipat dibandingkan rata-rata mingguan pada Februari 2024.

Usung produk-produk buatan brand lokal lewat kampanye ‘Beli Lokal’, penjualan sejumlah brand lokal naik hingga 9 kali lipat di Tokopedia
Selain itu, Tokopedia bersama TikTok terus menggencarkan kampanye ‘Beli Lokal’ untuk mempermudah masyarakat untuk belanja online produk brand dan UMKM lokal, termasuk saat momen Ramadan-Lebaran 2024. Beli Lokal merupakan komitmen keberlanjutan dari Tokopedia dan TikTok untuk mendukung brand lokal menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.
“Kampanye Beli Lokal membawa dampak positif bagi penjualan sejumlah pelaku usaha lokal di Tokopedia bahkan selama Ramadan 2024. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan transaksi sejumlah brand lokal dari berbagai kategori di Tokopedia yang mengikuti kampanye Beli Lokal, dengan rata-rata kenaikan 9 kali lipat khususnya sepanjang bulan Ramadan tahun 2024 jika dibandingkan bulan Ramadan tahun 2023 lalu,” ucap Nuraini.

Di Shop Tokopedia pada aplikasi TikTok, tercatat juga bahwa volume pesanan yang terjadi di kampanye Beli Lokal di Shop Tokopedia meningkat 2,5 kali lipat pada Februari 2024 jika dibandingkan rata-rata volume pesanan pada September 2023. Tokopedia bersama TikTok melalui Shop Tokopedia  pun membagi kisah inspiratif Tulus Skin, Jenna and Kaia dan Hijrahfood Meatshop yang telah membantu masyarakat Indonesia memenuhi kebutuhan sepanjang Ramadan-Lebaran.

Brand lokal perawatan wajah Tulus Skin alami kenaikan penjualan signifikan selama Ramadan-Lebaran 2024.
Berawal dari memiliki permasalahan kulit wajah yang beragam, mulai dari kulit kering hingga sensitif, Jessica Anggrainy, Michelle Koesnadi, Melfin Novi Ustaman, Josephine Widira, dan Patricia Stephanie mendirikan Tulus Skin di tahun 2019 dan merilis produk pertama, yakni cleanser atau pembersih wajah.

“Dalam pembuatan produk Tulus Skin, kami juga menggunakan bahan baku lokal. Setiap produk Tulus Skin juga selalu diuji coba terlebih dulu oleh kami berlima demi memastikan produk kami cocok dengan kondisi kulit yang berbeda. Kami tidak mau memberikan janji berlebih kepada para pelanggan, karena prinsip kami sejalan dengan nama Tulus Skin itu sendiri, yaitu kejujuran, transparansi dan kebersihan di setiap pembuatan produk,” jelas salah satu Pemilik Usaha Tulus Skin, Jessica Anggrainy.

“Sejak awal bergabung Tokopedia dari tahun 2021 sampai saat ini, omzet Tulus Skin mengalami kenaikan hingga 5 kali lipat. Sistem rekomendasi TikTok yang berbasis konten membuka peluang bagi kami untuk memperluas jangkauan ke lebih banyak masyarakat. Itulah mengapa kami juga memanfaatkan platform Shop | Tokopedia agar konten kami dapat ditemukan oleh komunitas dengan minat yang sesuai. Kami bahkan rutin mengikuti kampanye, termasuk Beli Lokal dan Festival Ramadan Ekstra Seru. Penjualan kami selama Ramadan-Lebaran 2024 pun bisa meningkat 2 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa,” ujar Jessica.

Tokopedia dorong tumbuh kembang bisnis secara online, Jenna and Kaia mampu memberdayakan masyarakat yang kehilangan pekerjaan
Rasa passion terhadap dunia fesyen memotivasi Lira Krisnalisa untuk mendirikan Jenna and Kaia pada 2016. Pengalamannya sebagai reseller baju saat masih menjadi karyawan perusahaan di Bandung pun menjadi bekal ketika merintis Jenna and Kaia. Lira kemudian mendalami wawasannya di bidang fesyen sehingga mendapatkan inspirasi yang membuat koleksi modest fesyen Jenna and Kaia terlihat unik.

“Era fesyen monokrom lagi trending ketika Jenna and Kaia memasuki industri fesyen. Agar tampil berbeda dan effortless, desain Jenna and Kaia dipercantik dengan potongan asimetris dan payet. Bahkan pada 2020 saat pandemi melanda, Jenna and Kaia mempekerjakan masyarakat di lingkungan sekitar yang kehilangan mata pencaharian untuk memasang payet,” jelas Pemilik Usaha Jenna and Kaia, Lira Krisnalisa.

“Sejak bergabung di Tokopedia pada 2018 dan aktif mengikuti berbagai kampanye online di Tokopedia, termasuk Tokopedia Fashion selama bulan Ramadan 2024, penjualan Jenna and Kaia meningkat hingga 3 kali lipat dibandingkan sebelum mengikuti kampanye tersebut. Kini Jenna and Kaia semakin aktif berjualan melalui Shop Tokopedia di aplikasi TikTok, khususnya menggunakan fitur LIVE yang tidak hanya memudahkan pengguna untuk melihat try on produk kami, tetapi juga dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi,” ucap Lira.

Rutin ikuti kampanye Beli Lokal dan Ramadan Ekstra, Hijrahfood mengalami kenaikan penjualan signifikan
Didirikan sejak tahun 90-an, usaha keluarga Hijrahfood Meatshop fokus pada penjualan B2B. Namun momen pandemi Covid-19 pada 2020 lalu mendorong Hijrahfood Meatshop untuk memasuki pasar konsumen rumah tangga demi membantu memenuhi permintaan masyarakat akan daging kemasan, termasuk sliced beef, seafood dan produk olahan daging lainnya. Hijrahfood Meatshop juga cepat beradaptasi dalam membangun bisnis secara online lewat Tokopedia.

Sejak bergabung di Tokopedia, kami memanfaatkan berbagai kampanye seperti Beli Lokal dan Ramadan Ekstra Seru. “Selama mengkuti kampanye Ramadan Ekstra Seru, penjualan kami meningkat hingga 3 kali lipat. Bahkan penjualan daging rendang melonjak hingga 10 kali lipat selama Ramadan dibandingkan hari biasa. Selain Tokopedia, Hijrahfood Meatshop juga memanfaatkan TikTok untuk mendapatkan exposure dan brand awareness. Dalam waktu dekat ini, kami juga akan lebih fokus memanfaatkan Shop | Tokopedia untuk menggaet pelanggan baru,” tutup Akram. (rls/Renata)

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Binomedia.id


Tags: Bisnis UMKMMedia GatheringtiktokTokopedia
RENATA

RENATA

Related Posts

AICE
Bisnis

Tujuh Tahun Berturut, Aice Tetap Konsisten Memenangkan Top Brand Award dan Top Brand for Kids Award 2025

by Shanty. A
1 hari ago
Panasonic Gobel Indonesia
Bisnis

Panasonic Gobel Indonesia Raih Penghargaan “Indonesia Most Reputable Companies Awards 2025”

by Ferry
1 hari ago
mirae asset
Bisnis

Mirae Asset: Pelaku Pasar Masih Mencermati Kebijakan Menkeu Baru

by Shanty. A
3 hari ago
The Hermitage Jakarta
Bisnis

Rayakan Festival Musim Gugur dengan Mooncake Eksklusif “Celestial Harmony” dari The Hermitage Jakarta

by Shanty. A
3 hari ago
The Hermitage Hotel Jakarta
Bisnis

Nikmati Promo “Cita Rasa Express Lunch” di 1928 Restaurant, The Hermitage Hotel Jakarta

by Shanty. A
3 hari ago
Grand Dafam Ancol
Bisnis

Grand Dafam Ancol Jakarta Tawarkan Paket Staycation Hemat & Seru Lewat Promo “Compacto Trio & Quattro”

by Shanty. A
3 hari ago
Next Post
Air Asia

Travelling Hemat ke Luar Negeri Pakai Air Asia Sudah Pasti Dapat Diskon!

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi

Janice Felicia, anak down syndrome berusia 15 tahun garap mini album lagu perdana. (Dok. Istimewa)

Janice Felicia Garap Mini Album “Aku dan Kamu Bisa”, Buktikan Anak Down Syndrome Juga Bisa Bersinar

26 September 2025
IKEA INDONESIA

Menata Rumah, Menata Hidup: IKEA Indonesia Dukung Gaya Hidup Lebih Tertata dan Bermakna

25 September 2025
Snapdragon 8 Elite Gen 5,

Snapdragon 8 Elite Gen 5, Mobile System-on-a-Chip Tercepat di Dunia, Hadirkan Pengalaman Baru bagi Konsumen dan Menggebrak Standar Baru Industri Teknologi

25 September 2025
AICE

Tujuh Tahun Berturut, Aice Tetap Konsisten Memenangkan Top Brand Award dan Top Brand for Kids Award 2025

25 September 2025
Film Tumbal Darah

Trailer dan Poster Film Tumbal Darah Dirilis: Horor-Aksi Brutal di Rumah Bersalin Penjemput Maut, Tayang 23 Oktober!

25 September 2025
Panasonic Gobel Indonesia

Panasonic Gobel Indonesia Raih Penghargaan “Indonesia Most Reputable Companies Awards 2025”

25 September 2025

Berita Terpopuler

  • Susunan Media Filter Aquarium, Jamin Jernih

    Susunan Media Filter Aquarium, Jamin Jernih

    4935 shares
    Share 1973 Tweet 1233
  • Rayakan Festival Musim Gugur dengan Mooncake Eksklusif “Celestial Harmony” dari The Hermitage Jakarta

    496 shares
    Share 198 Tweet 124
  • Panasonic Resmikan HVAC Training Centre untuk Tingkatkan Kompetensi Tenaga Ahli

    501 shares
    Share 200 Tweet 125
  • Hari Terakhir Energy & Engineering Week IEE Series 2025: Showcase Teknologi, Kompetisi, dan Keberlanjutan

    495 shares
    Share 198 Tweet 124
  • IM3 Gelar Pesta Hadiah 2025, Ribuan Hadiah Spektakuler Menanti Pelanggan Setia

    495 shares
    Share 198 Tweet 124
Shortcode field is empty!
Binomedia

Copyright © 2023 Binomedia. Supported Matek

Navigate Site

  • HOME
  • About us
  • Copyright
  • Privacy Policy
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Contact Us

Follow Us

Welcome Back!

Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Google
OR

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling

Copyright © 2023 Binomedia. Supported Matek