• Latest
  • Trending
  • All
Kaspersky

Kaspersky: Serangan Siber Memanfaatkan Nama Merek Populer Keluarga Meningkat 38% Selama Setahun Terakhir

17 Mei 2025
B. Braun Indonesia

B. Braun Indonesia Tanam 500 Pohon Untuk Lestarikan Ekosistem Sanggabuana

22 Agustus 2025
ENERVON

Pulang Kerja, Gas Lagi! Lebih dari 40 Ribu Generasi Muda Hidup Aktif Lewat Gerakan Enervon Active #LevelUpAfterWork

22 Agustus 2025
CRYSTALIN RUNXPERIENCE 2025

CRYSTALIN RUNXPERIENCE ada Penambahan Kategori 21K Half Marathon, Akan digelar 12 Oktober 2025

22 Agustus 2025
IKEA Indonesia

Rayakan 40 Tahun Cita Rasa Swedia Bersama IKEA Meatballs dan Varian Terbarunya

22 Agustus 2025
Pameran Asia Fashion Show

Asia Fashion Show (Indonesia) ke-2 Resmi Dibuka, Disambut Lebih dari 12.000 Konsumen di Hari Pertama

21 Agustus 2025
milku

Mulai dari MILKU Wujudkan Mimpi Anak Indonesia Melalui Perayaan HUT RI ke-80 di KidZania

21 Agustus 2025
Green SM

Penyerahan Hadiah Mobil VinFast VF 3, Pemenang Program ‘Ride Green Get Your Dream’

21 Agustus 2025
Trailer dan Poster Resmi Perempuan Pembawa Sial Resmi Dirilis, Angkat Mitos Bahu Laweyan : Kutukan Perempuan Yang Sudah Menikah

Trailer dan Poster Resmi Perempuan Pembawa Sial Resmi Dirilis, Angkat Mitos Bahu Laweyan : Kutukan Perempuan Yang Sudah Menikah

21 Agustus 2025
prudential indonesia

Prudential Indonesia Ajak Keluarga Indonesia Wujudkan Kesejahteraan Masa Depan Lewat Wellnest Festival 2025

20 Agustus 2025
Antiseptik Povidone-Iodine

Perjalanan 50 Tahun Antiseptik Povidone-Iodine bersama iNova Pharmaceuticals

20 Agustus 2025
Peserta Pelatihan Sekolah Al Irsyad Karawang Bersama Praktikum SEO dan Branding

Pelatihan SEO Branding Sekolah Al Irsyad Karawang Tingkatkan Citra Lembaga Digital

19 Agustus 2025
kaspersky

Dari Ransomware hingga APT: Pakar GReAT Kaspersky mengungkap ancaman siber utama di Indonesia

19 Agustus 2025
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
Sabtu, 23 Agustus 2025
  • Login
  • Register
Binomedia
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
No Result
View All Result
Binomedia
No Result
View All Result
Home Teknologi

Kaspersky: Serangan Siber Memanfaatkan Nama Merek Populer Keluarga Meningkat 38% Selama Setahun Terakhir

Shanty. A by Shanty. A
17 Mei 2025
in Teknologi
A A
0
Kaspersky
WhatsappFacebookTelegramTwitter

binomedia.id –  Jakarta. Pakar Kaspersky menganalisis ancaman siber yang menggunakan merek-merek populer yang bersegmentasi keluarga, seperti Disney, LEGO, Toca Boca, dan lainnya sebagai umpan penipuan. Riset yang didasarkan pada pemantauan kata kunci terpilih ini mengungkap peningkatan stabil dalam upaya serangan, yang meningkat sebesar 38% dari Q2 2024 hingga Q1 2025.

Telemetri Kaspersky menunjukkan tren peningkatan konsisten dalam jumlah upaya serangan yang mengeksploitasi merek-merek terkait anak-anak dan keluarga. Dimulai dari hanya 89.000 pada Q2 2024, jumlah serangan telah meningkat dari kuartal ke kuartal, mencapai hampir 123.000 pada Q1 2025. Sepanjang periode yang dilaporkan, Kaspersky mendeteksi lebih dari 432.000 upaya serangan.

Kaspersky

Jumlah percobaan serangan terhadap anak-anak dari Q2 2024 hingga Q1 2025

RelatedPosts

Dari Ransomware hingga APT: Pakar GReAT Kaspersky mengungkap ancaman siber utama di Indonesia

Smartphone Tertipis di Dunia dengan Layar 3D Curved, Infinix HOT 60 Pro+ Siap Meluncur 20 Agustus 2025

Rayakan Semangat Kemerdekaan, AQUA Elektronik Hadirkan Mall Exhibition di Kota Kasablanka dan Luncurkan Inovasi Produk Terbaru

Di antara merek yang paling sering dieksploitasi selama periode yang dilaporkan adalah LEGO, Disney, dan Toca Boca — semuanya dikenal luas dan dipercaya oleh kalangan anak-anak dan orang tua. Konten bertema LEGO menyumbang sebagian besar serangan, dengan lebih dari 306.000 percobaan, diikuti oleh Disney (62.000) dan Toca Boca (45.000). Paw Patrol dan Peppa Pig juga digunakan sebagai umpan populer, meskipun pada tingkat yang lebih rendah — 12.500 dan 4.900 percobaan serangan. Penjahat siber mengeksploitasi popularitas dan keakraban emosional merek-merek ini untuk mengelabui pengguna agar mengunduh file berbahaya, yang sering kali disamarkan sebagai kartun atau permainan. Semakin populer suatu merek, semakin menarik untuk menjadi daya tarik.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Analisis Kaspersky menunjukkan bahwa upaya serangan paling umum yang menargetkan anak-anak dan keluarga tidak selalu yang paling jelas. Selama periode yang dilaporkan, hampir 400.000 percobaan infeksi dikaitkan dengan Pengunduh (downloaders) — perangkat lunak yang mungkin tampak tidak berbahaya tetapi sering digunakan untuk secara diam-diam mengirimkan aplikasi lain yang berpotensi berbahaya. Pengunduh ini sering kali menyamar sebagai game, video, atau installer yang terkait dengan merek populer, sehingga sangat efektif untuk menipu pengguna.

Lebih jauh lagi, lebih dari 7.800 kasus melibatkan Trojan, yang dapat mencuri data sensitif, memantau aktivitas, atau memberikan akses jarak jauh kepada penyerang. Trojan sangat berbahaya jika disembunyikan di dalam file yang tampaknya tidak berbahaya, seperti cheat atau aplikasi buatan penggemar. Sementara itu, adware menyumbang lebih dari 6.400 percobaan serangan, yang biasanya muncul sebagai game mencolok atau aplikasi video yang membombardir pengguna dengan iklan yang tidak diinginkan, memperlambat perangkat, dan berpotensi membuka pintu bagi ancaman tambahan.

Sebagai bagian dari analisis, peneliti Kaspersky mengidentifikasi beberapa situs web penipuan dan phishing yang meniru desain dan merek perusahaan yang populer. Salah satu contoh adalah halaman phishing yang dibuat menyerupai situs web resmi Tokyo Disney Resort. Penipuan semacam itu sering kali tidak dapat dibedakan dari halaman yang sah pada pandangan pertama, dengan satu-satunya perbedaan adalah URL situs web tersebut. Situs penipuan menawarkan kepada pengguna kesempatan untuk “membeli” tiket taman hiburan, sama seperti yang asli, dan meminta mereka untuk memasukkan informasi pribadi dan pembayaran. Namun, alih-alih mendapatkan rekreasi di taman hiburan, para korban justru mengalami pencurian rincian kartu perbankan mereka.

Picture3 1 , , Binomedia Picture3 2 , , Binomedia

Contoh halaman phishing yang mengeksploitasi merek Tokyo Disney Resort

Penemuan lain yang ditemukan oleh peneliti Kaspersky melibatkan penipuan yang mengeksploitasi nama MrBeast — selebritas YouTube yang banyak diikuti oleh anak-anak dan remaja, dan terkenal karena memberikan hadiah mahal seperti gawai, uang, dan bahkan rumah. Penjahat siber membuat halaman phishing yang menjanjikan “hadiah gratis dari MrBeast,” termasuk kartu hadiah digital untuk platform seperti Roblox, Xbox, dan PlayStation. Situs tersebut meminta pengguna untuk memilih hadiah mereka dan menyelesaikan tugas yang tampaknya tidak berbahaya untuk mengklaimnya. Untuk meningkatkan urgensi, penghitung waktu mundur ditampilkan, mendesak pengunjung untuk “menyelesaikan aktivitas yang disponsori” dalam waktu terbatas untuk membuka kode hadiah terakhir.

Picture4 , , Binomedia Picture5 , , Binomedia

Contoh halaman phishing yang mengeksploitasi merek MrBeast

Seluruh proses ini merupakan taktik yang dirancang untuk mengarahkan korban ke halaman penipuan sebenarnya. Akhirnya, pengguna diminta membayar sedikit biaya komisi untuk mengklaim “hadiah” mereka. Namun, setelah mengirimkan pembayaran, korban mungkin tidak mendapatkan hadiah apa pun dan berisiko kehilangan uang.

“Penjahat siber adalah ahli manipulasi emosi — dan hampir tidak ada yang lebih emosional daripada konten yang dipercaya dan disukai anak-anak. Dengan meniru merek populer atau influencer seperti MrBeast, penyerang menciptakan rasa keakraban dan kegembiraan yang menurunkan kewaspadaan pengguna. Itulah mengapa penting bagi orang tua untuk tetap mendapatkan informasi dan mengajari anak-anak cara mempertanyakan penawaran yang ‘terlalu bagus untuk menjadi kenyataan’ sebelum mengklik,” komentar Evgeny Kuskov, Pakar Keamanan di Kaspersky.

Untuk menjaga anak-anak Anda tetap aman saat daring, Kaspersky menyarankan hal berikut:Sangat penting bagi orang tua untuk berkomunikasi secara terbuka dengan anak-anak mereka tentang potensi risiko yang mungkin dihadapi secara daring dan untuk menegakkan pedoman ketat guna memastikan keselamatan mereka.

  • Untuk mengamankan anak Anda dari mengunduh file berbahaya apa pun selama bermain gim, kami menyarankan orang tua untuk memasang solusi keamanan tepercaya, seperti Kaspersky Premium,di perangkat mereka.
  • Dengan tetap mendapatkan informasi tentang ancaman terbaru dan secara aktif memantau aktivitas daring anak-anak, orang tua dapat menciptakan lingkungan daring yang lebih aman bagi anak-anak mereka.
  • Untuk membantu orang tua memperkenalkan anak-anak mereka pada keamanan siber di tengah lanskap ancaman yang terus berkembang, para ahli Kaspersky telah mengembangkan Alfabet Keamanan Siber Kasperskydengan konsep-konsep utama dari industri keamanan siber. Dalam buku ini, anak-anak Anda akan mengenal teknologi baru, mempelajari aturan utama kebersihan siber, mengetahui cara menghindari ancaman daring, dan mengenali penipuan. Setelah membaca buku ini bersama-sama, Anda akan yakin bahwa anak Anda tahu cara membedakan situs web phishing, cara kerja VPN dan kode QR, dan bahkan apa itu honeypot dan enkripsi serta perannya dalam keamanan siber modern. Anda dapat mengunduh buku pdf secara gratis dan mempelajari dasar-dasar keamanan siber bersama anak Anda, membangun masa depan yang aman bagi mereka.
  • Dengan aplikasi khusus untuk pengasuhan digital seperti Kaspersky Safe Kids,orang tua dapat secara efektif melindungi anak-anak mereka di ruang daring dan luring. Aplikasi semacam itu membantu orang dewasa memastikan pengalaman digital yang aman dan positif bagi anak-anak, membangun kebiasaan sehat, melindungi dari konten yang tidak pantas, menyeimbangkan waktu layar, dan memeriksa lokasi fisik mereka. (sh)

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Binomedia.id


Tags: Kaspersky
Shanty. A

Shanty. A

Related Posts

kaspersky
Teknologi

Dari Ransomware hingga APT: Pakar GReAT Kaspersky mengungkap ancaman siber utama di Indonesia

by Shanty. A
4 hari ago
INFINIX
Teknologi

Smartphone Tertipis di Dunia dengan Layar 3D Curved, Infinix HOT 60 Pro+ Siap Meluncur 20 Agustus 2025

by Shanty. A
1 minggu ago
Rayakan Semangat Kemerdekaan, AQUA Elektronik Hadirkan Mall Exhibition di Kota Kasablanka dan Luncurkan Inovasi Produk Terbaru
Teknologi

Rayakan Semangat Kemerdekaan, AQUA Elektronik Hadirkan Mall Exhibition di Kota Kasablanka dan Luncurkan Inovasi Produk Terbaru

by Shanty. A
1 minggu ago
Kaspersky,
Teknologi

Kaspersky: Ancaman APT di Asia Pasifik Kian Mengkhawatirkan

by Shanty. A
2 minggu ago
POCO
Teknologi

Nggak Cuma Ngebut! POCO Kasih Layanan After Sales Yang Ekstrem Abis!

by Shanty. A
3 minggu ago
Surplus Indonesia
Teknologi

Surplus Indonesia sebagai “Clearance Sale App” Satu-satunya Aplikasi #PastiDiskon Tanpa Syarat Hingga 80% Belanja Hemat, Bumi Selamat

by Shanty. A
1 bulan ago
Next Post
MIND ID

MIND ID Perkuat Keamanan Siber, Lindungi Aset Strategis Negara

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi

B. Braun Indonesia

B. Braun Indonesia Tanam 500 Pohon Untuk Lestarikan Ekosistem Sanggabuana

22 Agustus 2025
ENERVON

Pulang Kerja, Gas Lagi! Lebih dari 40 Ribu Generasi Muda Hidup Aktif Lewat Gerakan Enervon Active #LevelUpAfterWork

22 Agustus 2025
CRYSTALIN RUNXPERIENCE 2025

CRYSTALIN RUNXPERIENCE ada Penambahan Kategori 21K Half Marathon, Akan digelar 12 Oktober 2025

22 Agustus 2025
IKEA Indonesia

Rayakan 40 Tahun Cita Rasa Swedia Bersama IKEA Meatballs dan Varian Terbarunya

22 Agustus 2025
Pameran Asia Fashion Show

Asia Fashion Show (Indonesia) ke-2 Resmi Dibuka, Disambut Lebih dari 12.000 Konsumen di Hari Pertama

21 Agustus 2025
milku

Mulai dari MILKU Wujudkan Mimpi Anak Indonesia Melalui Perayaan HUT RI ke-80 di KidZania

21 Agustus 2025

Berita Terpopuler

  • Peserta Pelatihan Sekolah Al Irsyad Karawang Bersama Praktikum SEO dan Branding

    Pelatihan SEO Branding Sekolah Al Irsyad Karawang Tingkatkan Citra Lembaga Digital

    498 shares
    Share 199 Tweet 125
  • Panasonic Gobel Indonesia Luncurkan si-BIRU SUPER X: AC Canggih dengan Teknologi Pemurni Udara

    503 shares
    Share 201 Tweet 126
  • Susunan Media Filter Aquarium, Jamin Jernih

    4876 shares
    Share 1950 Tweet 1219
  • Prudential Indonesia Ajak Keluarga Indonesia Wujudkan Kesejahteraan Masa Depan Lewat Wellnest Festival 2025

    495 shares
    Share 198 Tweet 124
  • Penanganan HIV/AIDS di Jaksel Dinilai Masih Minim

    498 shares
    Share 199 Tweet 125
Shortcode field is empty!
Binomedia

Copyright © 2023 Binomedia. Supported Matek

Navigate Site

  • HOME
  • About us
  • Copyright
  • Privacy Policy
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Contact Us

Follow Us

Welcome Back!

Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Google
OR

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling

Copyright © 2023 Binomedia. Supported Matek