binomedia.id – Jakarta. Perusahaan transportasi online terkemuka, Maxim, resmi memperkuat kerja sama strategis dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam upaya meningkatkan keselamatan dan kesejahteraan mitra pengemudi di seluruh Indonesia. Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara kedua pihak yang berlangsung di kantor pusat Maxim, Ragunan Pasar Minggu, Jakarta selatan, pada Kamis(6/11).
Bersamaan dengan penandatanganan MoU tersebut, Maxim dan BPJS Ketenagakerjaan juga menggelar Seminar dan Sosialisasi Program Peningkatan Keselamatan dan Kesejahteraan Mitra dengan tema “Bersama Wujudkan Perlindungan Nyata untuk Pengemudi Indonesia.”
Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Maxim untuk memperluas akses mitra pengemudi terhadap program jaminan sosial. Sebelumnya, perusahaan telah menyalurkan perlindungan ketenagakerjaan kepada lebih dari 3.000 pengemudi di seluruh Indonesia.
“Kolaborasi ini merupakan bentuk nyata komitmen Maxim untuk memastikan mitra pengemudi memiliki perlindungan dan pengetahuan yang cukup dalam menghadapi risiko pekerjaan di lapangan,” ujar Dirhamsyah, perwakilan Maxim. “Kami percaya bahwa kesejahteraan mitra adalah fondasi utama dalam menjaga kualitas layanan dan keberlanjutan ekosistem transportasi daring,” lanjutnya.
Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Plaza Jamsostek, Ramdani, menekankan pentingnya jaminan sosial bagi para pengemudi transportasi daring, terutama melalui Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).
“BPJS Ketenagakerjaan mengapresiasi langkah Maxim yang secara proaktif melibatkan mitra dalam program perlindungan ketenagakerjaan. Setiap pekerja, termasuk pengemudi transportasi daring, berhak atas jaminan keselamatan dan kesejahteraan,” tutur Ramdani.
Sebagai bagian dari kerja sama ini, Maxim memfasilitasi pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp16.800 per bulan melalui dua metode yang mudah diakses:
1. Pemotongan otomatis saldo mitra pengemudi setiap bulan melalui sistem Maxim.
2. Pembayaran mandiri, baik secara online melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan atau aplikasi JMO (Jamsostek Mobile), maupun secara offline di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat.
Salah satu mitra pengemudi, Rio, mengaku antusias dengan adanya kolaborasi ini.
“Jaminan sosial itu penting bagi kami yang setiap hari bekerja di jalan. Dengan dukungan Maxim, kami merasa lebih aman dan terlindungi,” ujarnya.
Melalui inisiatif ini, Maxim berharap semakin banyak mitra pengemudi yang terlindungi oleh program jaminan sosial, sekaligus meningkatkan pemahaman mereka terhadap keselamatan berkendara dan literasi keuangan. (why)
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Binomedia.id













