• Latest
  • Trending
  • All
Twilio

Prediksi Twilio 2025: Definisi Loyalitas Pelanggan di Era Data&Hiper-Personalisasi

7 Januari 2025

Halal Indo 2025 Ajang Inovasi dan Kolaborasi untuk Wujudkan Visi Indonesia sebagai Pusat Industri Halal Dunia

26 September 2025
Janice Felicia, anak down syndrome berusia 15 tahun garap mini album lagu perdana. (Dok. Istimewa)

Janice Felicia Garap Mini Album “Aku dan Kamu Bisa”, Buktikan Anak Down Syndrome Juga Bisa Bersinar

26 September 2025
IKEA INDONESIA

Menata Rumah, Menata Hidup: IKEA Indonesia Dukung Gaya Hidup Lebih Tertata dan Bermakna

25 September 2025
Snapdragon 8 Elite Gen 5,

Snapdragon 8 Elite Gen 5, Mobile System-on-a-Chip Tercepat di Dunia, Hadirkan Pengalaman Baru bagi Konsumen dan Menggebrak Standar Baru Industri Teknologi

25 September 2025
AICE

Tujuh Tahun Berturut, Aice Tetap Konsisten Memenangkan Top Brand Award dan Top Brand for Kids Award 2025

25 September 2025
Film Tumbal Darah

Trailer dan Poster Film Tumbal Darah Dirilis: Horor-Aksi Brutal di Rumah Bersalin Penjemput Maut, Tayang 23 Oktober!

25 September 2025
Panasonic Gobel Indonesia

Panasonic Gobel Indonesia Raih Penghargaan “Indonesia Most Reputable Companies Awards 2025”

25 September 2025
Dr. Nurhayati Ali Assegaf, Presiden Nuraa Women’s Institute yang mendorong partisipasi perempuan dalam dunia politik. (Dok. Istimewa)

Nurhayati Ali Assegaf Jauhkan Diri dari Politik Nasional untuk Fokus Cetak Perempuan Berkelas Global

24 September 2025
HUAWEI WATCH GT 6

Huawei Resmi Merilis HUAWEI WATCH GT 6 Secara Global di Paris

24 September 2025
mirae asset

Mirae Asset: Pelaku Pasar Masih Mencermati Kebijakan Menkeu Baru

23 September 2025
The Hermitage Jakarta

Rayakan Festival Musim Gugur dengan Mooncake Eksklusif “Celestial Harmony” dari The Hermitage Jakarta

23 September 2025
Air Mata di Ujung Sajadah 2

Sekuel Film Keluarga Menyentuh Air mata di Ujung Sajadah, Akan di Bawa Kemana Cerita Air Mata di Ujung Sajadah 2?

23 September 2025
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
Jumat, 26 September 2025
  • Login
  • Register
Binomedia
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
No Result
View All Result
Binomedia
No Result
View All Result
Home Bisnis

Prediksi Twilio 2025: Definisi Loyalitas Pelanggan di Era Data&Hiper-Personalisasi

Shanty. A by Shanty. A
7 Januari 2025
in Bisnis
A A
0
Twilio
WhatsappFacebookTelegramTwitter

binomedia.id – Jakarta. Lanskap pemasaran brand berkembang dengan cepat, didorong oleh kemajuan teknologi dan pergeseran ekspektasi konsumen. Di saat yang sama, kepercayaan konsumen mulai terkikis seiring dengan meningkatnya risiko terkait penggunaan data. Di tahun 2025, brand harus beradaptasi dalam era baru hiper-personalisasi sembari tetap fokus pada upaya membangun kepercayaan.

Twilio, platform interaksi dengan pelanggan yang membantu perusahaan-perusahaan di seluruh dunia membangun hubungan langsung dan terpersonalisasi dengan pelanggan mereka, mengungkap beberapa tren yang akan memengaruhi strategi brand experience di Asia Pasifik dan Jepang (APJ) di tahun mendatang.

Membangun relasi brand dan konsumen di atas ‘Ekosistem Kepercayaan’

Kepercayaan selalu menjadi landasan dari loyalitas atau kesetiaan konsumen kepada suatu brand, tetapi pada tahun 2025, kepercayaan konsumen akan mencapai titik terendah sepanjang masa. Menurut Laporan Preferensi Konsumen Twilio tahun 2024, 56% konsumen di Asia Pasifik mengatakan bahwa mereka tidak akan membeli produk dari brand yang tidak mereka percayai. Dengan konsumen yang semakin kritis dan teliti, brand harus menunjukkan rasa hormat yang lebih besar dengan menempatkan diri mereka pada posisi pelanggan.

RelatedPosts

Tujuh Tahun Berturut, Aice Tetap Konsisten Memenangkan Top Brand Award dan Top Brand for Kids Award 2025

Panasonic Gobel Indonesia Raih Penghargaan “Indonesia Most Reputable Companies Awards 2025”

Mirae Asset: Pelaku Pasar Masih Mencermati Kebijakan Menkeu Baru

Dalam ‘Ekosistem Kepercayaan’ ini, data akan menjadi landasan, sementara AI berfungsi sebagai pendorong utama. Brand akan makin mengandalkan AI prediktif dalam upaya mereka menghindar dari sekadar menduga-duga keinginan konsumen, menyempurnakan rekomendasi bagi konsumen, dan meningkatkan komunikasi yang pada akhirnya akan memperkuat interaksi antara brand dan pelanggan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Inilah saatnya kembali ke prinsip-prinsip dasar kesetiaan, yaitu menepati janji, menindaklanjuti setiap keluhan konsumen, dan memberikan layanan yang dapat diandalkan pada setiap momen dalam perjalanan pelanggan. Kita akan melihat lebih banyak brand mengandalkan sosok Chief Trust Officer untuk membantu merumuskan ulang pengalaman pelanggan, pemasaran, dan strategi teknologi guna membangun hubungan yang langgeng dengan pelanggan,” jelas Robert Woolfrey, Wakil Presiden Komunikasi Twilio untuk APJ.

Untuk menumbuhkan ‘Ekosistem Kepercayaan’ ini, brand harus memprioritaskan strategi yang berpusat pada pelanggan melalui pemanfaatan AI untuk meningkatkan personalisasi dan keandalan. Melalui penyelarasan strategi dengan ekspektasi konsumen dan dengan berfokus pada membangun hubungan yang tulus, brand dapat memperkuat posisi mereka di pasar dan mempertahankan loyalitas jangka panjang.

Masa depan verifikasi dan autentikasi yang bersifat inklusif

Bagi pelanggan, pengalaman yang baik diawali dari kemampuan brand untuk memenuhi atau bahkan melampaui ekspektasi mereka akan keamanan. Namun, suatu perusahaan tidak bisa begitu saja menerapkan langkah pengamanan yang lebih ketat dengan menggunakan proses autentikasi yang lebih kompleks, karena hal itu akan memperlambat akses pelanggan ke akun mereka.

Seperti yang diungkapkan dalam laporan State of Customer Engagement Report 2024, 40% brand di Asia Pasifik mengatakan bahwa salah satu fokus mereka tahun ini adalah mengurangi kendala selama proses pendaftaran akun sekaligus menjaga keamanan data pelanggan.

Menyederhanakan proses pendaftaran dan login serta beralih dari penggunaan kata sandi ke sistem verifikasi dan/atau autentikasi digital dapat membantu meningkatkan keamanan sekaligus pengalaman pelanggan.

Selama ini, OTP melalui SMS telah menjadi metode utama untuk otentikasi dua langkah (2FA) berkat kemudahan dalam penggunaan maupun adopsi oleh bisnis. Sayangnya, metode ini memiliki beberapa keterbatasan, seperti risiko kebocoran ketika kartu SIM ditukar serta tidak tersedianya fitur enkripsi pesan yang dapat menimbulkan masalah keamanan.

Pada tahun 2025, kita dapat mengharapkan perubahan signifikan dalam cara brand melakukan autentikasi pengguna, yang didorong oleh kehadiran protokol perpesanan baru seperti RCS dan Silent Network Authentication atau Autentikasi Jaringan Senyap (SNA). Masing-masing memiliki keunggulannya sendiri, dan alih-alih mengandalkan hanya satu solusi untuk semua kebutuhan, brand akan menyesuaikan metode verifikasi dengan skenario dan kebutuhan pengguna yang berbeda, dengan tujuan akhir untuk menciptakan pengalaman pengguna yang menyenangkan dan aman.

“Sebagai contoh, RCS memungkinkan pengiriman pesan yang aman, terenkripsi dari ujung ke ujung tanpa perlu kode – pengguna cukup mengeklik untuk mengesahkan identitas mereka. Sementara itu, SNA menawarkan mekanisme autentikasi tanpa kendala dengan memeriksa apakah perangkat pengguna dikenal dan terhubung ke jaringan yang tepat di tempat yang tepat, tetapi banyak pengembang yang belum sepenuhnya mengadopsi metode ini.

Dalam kasus ini, OTP melalui SMS akan tetap menjadi opsi cadangan yang penting, terutama ketika pengguna berganti perangkat atau mengalami masalah kompatibilitas,” jelas Chris Connolly, Solutions Engineering Lead for Communications untuk APJ di Twilio.

Mendefinisikan ulang loyalitas pelanggan dengan personalisasi yang didukung data

Beberapa tahun lalu, diskon dan cashback merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga pelanggan tetap setia, tapi di tahun 2025 hal ini tidak berlaku. Brand akan beralih ke upaya menciptakan pengalaman penuh kejutan yang menyenangkan bagi pelanggan, membuat mereka merasa dihargai karena brand memperhatikan dan mempertimbangkan preferensi dan perilaku individu mereka.

Misalnya, alih-alih menawarkan insentif finansial, brand dapat memberikan kejutan kepada pelanggan setia berupa akses istimewa ke produk baru, atau undangan eksklusif untuk pratinjau. Pendekatan ini tidak memerlukan banyak biaya, tetapi memberikan nilai yang nyata bagi pelanggan setia.

Pergeseran ini juga tampak dalam hasil survei yang dilakukan oleh Twilio pada 2024 Retail’s Big Show Asia Pacific, dengan 36% peritel di Indonesia menyatakan memilih menggunakan data pelanggan untuk mempersonalisasi interaksi dan menjangkau pelanggan secara strategis melalui saluran yang paling disukai atau yang paling sering digunakan pelanggan, dibandingkan dengan 27% peritel yang memberikan insentif seperti kode diskon dan penawaran terbatas sebagai strategi retensi pelanggan.

“Prioritas utama adalah memperkuat program loyalitas ‘phygital’, yang menggabungkan aktivasi di toko dengan penawaran khusus untuk pelanggan setia. Brand akan menggunakan data tidak hanya untuk menciptakan momen yang bermakna bagi pelanggan tetapi juga untuk menghilangkan hambatan dalam perjalanan konsumen, termasuk untuk menyederhanakan proses pembayaran dan penukaran hadiah,” kata Ben Chamlet, Direktur Senior Solutions Engineering untuk APJ di Twilio.

Di era transformasi digital di mana ekspektasi konsumen semakin tinggi, personalisasi berbasis data dibarengi upaya untuk membangun kepercayaan mutlak diperlukan apabila brand ingin menumbuhkan loyalitas pelanggan yang langgeng. Dengan memanfaatkan teknologi canggih seperti AI dan protokol perpesanan yang disempurnakan seperti RCS dan SNA, bisnis dapat meningkatkan pengalaman pelanggan, menyederhanakan proses autentikasi, dan di saat yang sama menghadirkan interaksi dengan sentuhan yang sangat personal bagi pelanggan.

Memasuki tahun 2025, brand yang berhasil menavigasi tren yang terus berkembang ini tidak hanya akan bertahan, tetapi juga tampil sebagai yang terdepan dalam lanskap persaingan. (sh)

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Binomedia.id


Tags: Twilio
Shanty. A

Shanty. A

Related Posts

AICE
Bisnis

Tujuh Tahun Berturut, Aice Tetap Konsisten Memenangkan Top Brand Award dan Top Brand for Kids Award 2025

by Shanty. A
2 hari ago
Panasonic Gobel Indonesia
Bisnis

Panasonic Gobel Indonesia Raih Penghargaan “Indonesia Most Reputable Companies Awards 2025”

by Ferry
2 hari ago
mirae asset
Bisnis

Mirae Asset: Pelaku Pasar Masih Mencermati Kebijakan Menkeu Baru

by Shanty. A
3 hari ago
The Hermitage Jakarta
Bisnis

Rayakan Festival Musim Gugur dengan Mooncake Eksklusif “Celestial Harmony” dari The Hermitage Jakarta

by Shanty. A
3 hari ago
The Hermitage Hotel Jakarta
Bisnis

Nikmati Promo “Cita Rasa Express Lunch” di 1928 Restaurant, The Hermitage Hotel Jakarta

by Shanty. A
4 hari ago
Grand Dafam Ancol
Bisnis

Grand Dafam Ancol Jakarta Tawarkan Paket Staycation Hemat & Seru Lewat Promo “Compacto Trio & Quattro”

by Shanty. A
4 hari ago
Next Post
tokopedia

Simak 5 Ide dan Cara Mewujudkan Resolusi Tahun 2025 yang Realistis ala Tokopedia dan ShopTokopedia

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi

Halal Indo 2025 Ajang Inovasi dan Kolaborasi untuk Wujudkan Visi Indonesia sebagai Pusat Industri Halal Dunia

26 September 2025
Janice Felicia, anak down syndrome berusia 15 tahun garap mini album lagu perdana. (Dok. Istimewa)

Janice Felicia Garap Mini Album “Aku dan Kamu Bisa”, Buktikan Anak Down Syndrome Juga Bisa Bersinar

26 September 2025
IKEA INDONESIA

Menata Rumah, Menata Hidup: IKEA Indonesia Dukung Gaya Hidup Lebih Tertata dan Bermakna

25 September 2025
Snapdragon 8 Elite Gen 5,

Snapdragon 8 Elite Gen 5, Mobile System-on-a-Chip Tercepat di Dunia, Hadirkan Pengalaman Baru bagi Konsumen dan Menggebrak Standar Baru Industri Teknologi

25 September 2025
AICE

Tujuh Tahun Berturut, Aice Tetap Konsisten Memenangkan Top Brand Award dan Top Brand for Kids Award 2025

25 September 2025
Film Tumbal Darah

Trailer dan Poster Film Tumbal Darah Dirilis: Horor-Aksi Brutal di Rumah Bersalin Penjemput Maut, Tayang 23 Oktober!

25 September 2025

Berita Terpopuler

  • Susunan Media Filter Aquarium, Jamin Jernih

    Susunan Media Filter Aquarium, Jamin Jernih

    4935 shares
    Share 1973 Tweet 1233
  • Rayakan Festival Musim Gugur dengan Mooncake Eksklusif “Celestial Harmony” dari The Hermitage Jakarta

    496 shares
    Share 198 Tweet 124
  • Panasonic Resmikan HVAC Training Centre untuk Tingkatkan Kompetensi Tenaga Ahli

    501 shares
    Share 200 Tweet 125
  • Hari Terakhir Energy & Engineering Week IEE Series 2025: Showcase Teknologi, Kompetisi, dan Keberlanjutan

    495 shares
    Share 198 Tweet 124
  • IM3 Gelar Pesta Hadiah 2025, Ribuan Hadiah Spektakuler Menanti Pelanggan Setia

    495 shares
    Share 198 Tweet 124
Shortcode field is empty!
Binomedia

Copyright © 2023 Binomedia. Supported Matek

Navigate Site

  • HOME
  • About us
  • Copyright
  • Privacy Policy
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Contact Us

Follow Us

Welcome Back!

Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Google
OR

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling

Copyright © 2023 Binomedia. Supported Matek