• Latest
  • Trending
  • All
Kaspersky

Kaspersky: Serangan Siber Memanfaatkan Nama Merek Populer Keluarga Meningkat 38% Selama Setahun Terakhir

17 Mei 2025
Indosat Ooredoo Hutchison

Indosat Ooredoo Hutchison Dukung Konektivitas Liburan Sekolah, Hadirkan Solusi Internet Hemat dan Andal untuk Pelanggan IM3 dan Tri

17 Juni 2025
Redmi Note 14

Warna Baru, Gaya Baru Redmi Note 14 Series Sand Gold

17 Juni 2025
AICE

Aice Raih Penghargaan Tertinggi Bintang Lima di TOP CSR Awards, Perkuat Rekam Jejak Lima Tahun Tanpa Putus

17 Juni 2025
syirik

Film Horor terbaru bertajuk ‘Syirik, segera Tayang 19 Juni 2025

17 Juni 2025
enervon active

“Pulang Kerja, Saatnya Gas Lagi!” Enervon Active Gaungkan Hidup Aktif & Produktif Setelah Kerja

16 Juni 2025
Bunga Shaqilla, Penyanyi Dangdut Cilik Indonesia. (Dok. Istimewa)

Bunga Shaqilla Anak ART dan Satpam Ingin Raih Mimpi Jadi Penyanyi Dangdut Sukses

15 Juni 2025
vivo V50

Rekomendasi Aktivitas Liburan Sekolah yang Lebih Seru dan Lebih Memorable bersama vivo V50 yang Lebih Pro Kameranya

14 Juni 2025
Film Assalamu’alaikum Baitullah

Film Assalamu’alaikum Baitullah Rilis Official Poster dan Trailer, Ketika Pengkhianatan Membawamu Pulang pada Jalan Ikhlas dan Menemukan Jodoh Terbaik

14 Juni 2025
GJLS IBUKU IBU-IBU

Tertawalah Sebelum Tertelan Rutinitas: 75.000++ Penonton di Hari Pertama Buktikan GJLS Ibuku Ibu-Ibu Hadir Sebagai Obat Stress Nasional

14 Juni 2025
MR.D.I.Y. Indonesia

MR.D.I.Y. Indonesia Raih Dua Penghargaan Prestisius di Retail Asia Awards 2025

13 Juni 2025
INFINIX

Infinix Resmi Luncurkan XPAD 20, ZCLIP & XBAND di Indonesia, Inovasi Tablet AI untuk Belajar, Gaming, dan Gaya Hidup Aktif

13 Juni 2025
Diageo World Class Indonesia

Diageo World Class Indonesia 2025 Ajang Kompetisi Bartender Terbesar dan Bergengsi Dunia Dukung Bartender Lokal untuk Berprestasi di Kancah Internasional

13 Juni 2025
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
Rabu, 18 Juni 2025
  • Login
  • Register
Binomedia
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling
No Result
View All Result
Binomedia
No Result
View All Result
Home Teknologi

Kaspersky: Serangan Siber Memanfaatkan Nama Merek Populer Keluarga Meningkat 38% Selama Setahun Terakhir

Shanty. A by Shanty. A
17 Mei 2025
in Teknologi
A A
0
Kaspersky
WhatsappFacebookTelegramTwitter

binomedia.id –  Jakarta. Pakar Kaspersky menganalisis ancaman siber yang menggunakan merek-merek populer yang bersegmentasi keluarga, seperti Disney, LEGO, Toca Boca, dan lainnya sebagai umpan penipuan. Riset yang didasarkan pada pemantauan kata kunci terpilih ini mengungkap peningkatan stabil dalam upaya serangan, yang meningkat sebesar 38% dari Q2 2024 hingga Q1 2025.

Telemetri Kaspersky menunjukkan tren peningkatan konsisten dalam jumlah upaya serangan yang mengeksploitasi merek-merek terkait anak-anak dan keluarga. Dimulai dari hanya 89.000 pada Q2 2024, jumlah serangan telah meningkat dari kuartal ke kuartal, mencapai hampir 123.000 pada Q1 2025. Sepanjang periode yang dilaporkan, Kaspersky mendeteksi lebih dari 432.000 upaya serangan.

Kaspersky

Jumlah percobaan serangan terhadap anak-anak dari Q2 2024 hingga Q1 2025

RelatedPosts

Warna Baru, Gaya Baru Redmi Note 14 Series Sand Gold

Rekomendasi Aktivitas Liburan Sekolah yang Lebih Seru dan Lebih Memorable bersama vivo V50 yang Lebih Pro Kameranya

Infinix Resmi Luncurkan XPAD 20, ZCLIP & XBAND di Indonesia, Inovasi Tablet AI untuk Belajar, Gaming, dan Gaya Hidup Aktif

Di antara merek yang paling sering dieksploitasi selama periode yang dilaporkan adalah LEGO, Disney, dan Toca Boca — semuanya dikenal luas dan dipercaya oleh kalangan anak-anak dan orang tua. Konten bertema LEGO menyumbang sebagian besar serangan, dengan lebih dari 306.000 percobaan, diikuti oleh Disney (62.000) dan Toca Boca (45.000). Paw Patrol dan Peppa Pig juga digunakan sebagai umpan populer, meskipun pada tingkat yang lebih rendah — 12.500 dan 4.900 percobaan serangan. Penjahat siber mengeksploitasi popularitas dan keakraban emosional merek-merek ini untuk mengelabui pengguna agar mengunduh file berbahaya, yang sering kali disamarkan sebagai kartun atau permainan. Semakin populer suatu merek, semakin menarik untuk menjadi daya tarik.

Analisis Kaspersky menunjukkan bahwa upaya serangan paling umum yang menargetkan anak-anak dan keluarga tidak selalu yang paling jelas. Selama periode yang dilaporkan, hampir 400.000 percobaan infeksi dikaitkan dengan Pengunduh (downloaders) — perangkat lunak yang mungkin tampak tidak berbahaya tetapi sering digunakan untuk secara diam-diam mengirimkan aplikasi lain yang berpotensi berbahaya. Pengunduh ini sering kali menyamar sebagai game, video, atau installer yang terkait dengan merek populer, sehingga sangat efektif untuk menipu pengguna.

Lebih jauh lagi, lebih dari 7.800 kasus melibatkan Trojan, yang dapat mencuri data sensitif, memantau aktivitas, atau memberikan akses jarak jauh kepada penyerang. Trojan sangat berbahaya jika disembunyikan di dalam file yang tampaknya tidak berbahaya, seperti cheat atau aplikasi buatan penggemar. Sementara itu, adware menyumbang lebih dari 6.400 percobaan serangan, yang biasanya muncul sebagai game mencolok atau aplikasi video yang membombardir pengguna dengan iklan yang tidak diinginkan, memperlambat perangkat, dan berpotensi membuka pintu bagi ancaman tambahan.

Sebagai bagian dari analisis, peneliti Kaspersky mengidentifikasi beberapa situs web penipuan dan phishing yang meniru desain dan merek perusahaan yang populer. Salah satu contoh adalah halaman phishing yang dibuat menyerupai situs web resmi Tokyo Disney Resort. Penipuan semacam itu sering kali tidak dapat dibedakan dari halaman yang sah pada pandangan pertama, dengan satu-satunya perbedaan adalah URL situs web tersebut. Situs penipuan menawarkan kepada pengguna kesempatan untuk “membeli” tiket taman hiburan, sama seperti yang asli, dan meminta mereka untuk memasukkan informasi pribadi dan pembayaran. Namun, alih-alih mendapatkan rekreasi di taman hiburan, para korban justru mengalami pencurian rincian kartu perbankan mereka.

Picture3 1 , , Binomedia Picture3 2 , , Binomedia

Contoh halaman phishing yang mengeksploitasi merek Tokyo Disney Resort

Penemuan lain yang ditemukan oleh peneliti Kaspersky melibatkan penipuan yang mengeksploitasi nama MrBeast — selebritas YouTube yang banyak diikuti oleh anak-anak dan remaja, dan terkenal karena memberikan hadiah mahal seperti gawai, uang, dan bahkan rumah. Penjahat siber membuat halaman phishing yang menjanjikan “hadiah gratis dari MrBeast,” termasuk kartu hadiah digital untuk platform seperti Roblox, Xbox, dan PlayStation. Situs tersebut meminta pengguna untuk memilih hadiah mereka dan menyelesaikan tugas yang tampaknya tidak berbahaya untuk mengklaimnya. Untuk meningkatkan urgensi, penghitung waktu mundur ditampilkan, mendesak pengunjung untuk “menyelesaikan aktivitas yang disponsori” dalam waktu terbatas untuk membuka kode hadiah terakhir.

Picture4 , , Binomedia Picture5 , , Binomedia

Contoh halaman phishing yang mengeksploitasi merek MrBeast

Seluruh proses ini merupakan taktik yang dirancang untuk mengarahkan korban ke halaman penipuan sebenarnya. Akhirnya, pengguna diminta membayar sedikit biaya komisi untuk mengklaim “hadiah” mereka. Namun, setelah mengirimkan pembayaran, korban mungkin tidak mendapatkan hadiah apa pun dan berisiko kehilangan uang.

“Penjahat siber adalah ahli manipulasi emosi — dan hampir tidak ada yang lebih emosional daripada konten yang dipercaya dan disukai anak-anak. Dengan meniru merek populer atau influencer seperti MrBeast, penyerang menciptakan rasa keakraban dan kegembiraan yang menurunkan kewaspadaan pengguna. Itulah mengapa penting bagi orang tua untuk tetap mendapatkan informasi dan mengajari anak-anak cara mempertanyakan penawaran yang ‘terlalu bagus untuk menjadi kenyataan’ sebelum mengklik,” komentar Evgeny Kuskov, Pakar Keamanan di Kaspersky.

Untuk menjaga anak-anak Anda tetap aman saat daring, Kaspersky menyarankan hal berikut:Sangat penting bagi orang tua untuk berkomunikasi secara terbuka dengan anak-anak mereka tentang potensi risiko yang mungkin dihadapi secara daring dan untuk menegakkan pedoman ketat guna memastikan keselamatan mereka.

  • Untuk mengamankan anak Anda dari mengunduh file berbahaya apa pun selama bermain gim, kami menyarankan orang tua untuk memasang solusi keamanan tepercaya, seperti Kaspersky Premium,di perangkat mereka.
  • Dengan tetap mendapatkan informasi tentang ancaman terbaru dan secara aktif memantau aktivitas daring anak-anak, orang tua dapat menciptakan lingkungan daring yang lebih aman bagi anak-anak mereka.
  • Untuk membantu orang tua memperkenalkan anak-anak mereka pada keamanan siber di tengah lanskap ancaman yang terus berkembang, para ahli Kaspersky telah mengembangkan Alfabet Keamanan Siber Kasperskydengan konsep-konsep utama dari industri keamanan siber. Dalam buku ini, anak-anak Anda akan mengenal teknologi baru, mempelajari aturan utama kebersihan siber, mengetahui cara menghindari ancaman daring, dan mengenali penipuan. Setelah membaca buku ini bersama-sama, Anda akan yakin bahwa anak Anda tahu cara membedakan situs web phishing, cara kerja VPN dan kode QR, dan bahkan apa itu honeypot dan enkripsi serta perannya dalam keamanan siber modern. Anda dapat mengunduh buku pdf secara gratis dan mempelajari dasar-dasar keamanan siber bersama anak Anda, membangun masa depan yang aman bagi mereka.
  • Dengan aplikasi khusus untuk pengasuhan digital seperti Kaspersky Safe Kids,orang tua dapat secara efektif melindungi anak-anak mereka di ruang daring dan luring. Aplikasi semacam itu membantu orang dewasa memastikan pengalaman digital yang aman dan positif bagi anak-anak, membangun kebiasaan sehat, melindungi dari konten yang tidak pantas, menyeimbangkan waktu layar, dan memeriksa lokasi fisik mereka. (sh)

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Binomedia.id


Tags: Kaspersky
Shanty. A

Shanty. A

Related Posts

Redmi Note 14
Teknologi

Warna Baru, Gaya Baru Redmi Note 14 Series Sand Gold

by Shanty. A
13 jam ago
vivo V50
Mobile

Rekomendasi Aktivitas Liburan Sekolah yang Lebih Seru dan Lebih Memorable bersama vivo V50 yang Lebih Pro Kameranya

by Shanty. A
4 hari ago
INFINIX
Teknologi

Infinix Resmi Luncurkan XPAD 20, ZCLIP & XBAND di Indonesia, Inovasi Tablet AI untuk Belajar, Gaming, dan Gaya Hidup Aktif

by Shanty. A
5 hari ago
Galaxy Z Series
Teknologi

Tipis, Ringan, dan Tangguh: Era Baru Galaxy Z Series

by Shanty. A
1 minggu ago
Kaspersky
Teknologi

89 Akun Pengguna Disney+ di Indonesia Telah Bocor, Tips Kaspersky Untuk Menonton Layanan Streaming Dengan Aman

by Shanty. A
1 minggu ago
Kaspersky
Teknologi

Kaspersky: Waspada Mobile Malware yang Menyamar Sebagai Faktur Mencuri Kredensial Perbankan Pengguna

by Shanty. A
2 minggu ago
Next Post
MIND ID

MIND ID Perkuat Keamanan Siber, Lindungi Aset Strategis Negara

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi

Indosat Ooredoo Hutchison

Indosat Ooredoo Hutchison Dukung Konektivitas Liburan Sekolah, Hadirkan Solusi Internet Hemat dan Andal untuk Pelanggan IM3 dan Tri

17 Juni 2025
Redmi Note 14

Warna Baru, Gaya Baru Redmi Note 14 Series Sand Gold

17 Juni 2025
AICE

Aice Raih Penghargaan Tertinggi Bintang Lima di TOP CSR Awards, Perkuat Rekam Jejak Lima Tahun Tanpa Putus

17 Juni 2025
syirik

Film Horor terbaru bertajuk ‘Syirik, segera Tayang 19 Juni 2025

17 Juni 2025
enervon active

“Pulang Kerja, Saatnya Gas Lagi!” Enervon Active Gaungkan Hidup Aktif & Produktif Setelah Kerja

16 Juni 2025
Bunga Shaqilla, Penyanyi Dangdut Cilik Indonesia. (Dok. Istimewa)

Bunga Shaqilla Anak ART dan Satpam Ingin Raih Mimpi Jadi Penyanyi Dangdut Sukses

15 Juni 2025

Berita Terpopuler

  • Susunan Media Filter Aquarium, Jamin Jernih

    Susunan Media Filter Aquarium, Jamin Jernih

    4673 shares
    Share 1868 Tweet 1168
  • “Pulang Kerja, Saatnya Gas Lagi!” Enervon Active Gaungkan Hidup Aktif & Produktif Setelah Kerja

    494 shares
    Share 198 Tweet 124
  • PT. Harman Indonesia sebagai Distributor Resmi Edifier Meluncurkan Earphones dan Headphones unggulan

    1029 shares
    Share 411 Tweet 257
  • Tertawalah Sebelum Tertelan Rutinitas: 75.000++ Penonton di Hari Pertama Buktikan GJLS Ibuku Ibu-Ibu Hadir Sebagai Obat Stress Nasional

    493 shares
    Share 197 Tweet 123
  • Sukses Dengan Usaha Warkop Modern

    530 shares
    Share 212 Tweet 133
Shortcode field is empty!
Binomedia

Copyright © 2023 Binomedia. Supported Matek

Navigate Site

  • HOME
  • About us
  • Copyright
  • Privacy Policy
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Contact Us

Follow Us

Welcome Back!

Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Google
OR

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Bisnis
  • Infrastruktur
  • Pendidikan
  • Properti
  • Otomotif
  • Teknologi
  • More
    • Fashion
    • Movie
    • Music
    • Kesehatan
    • Kuliner
    • Sport
    • Traveling

Copyright © 2023 Binomedia. Supported Matek